Setelan Sebelum Lomba Kacer Tipe Panas

Perlu diingat kacer tipe panas merupakan kacer yang tidak kuat jemur maka penjemuran untuk hariannya cukup 30 - 60 menit saja, suhu tubuh burung kacer tipe panas cenderung tinggi sehingga burung cepat sekali emosi dan mudah untuk dibuat gacor tetapi cepat juga bagong saat digantangkan. Maka dari itu kita akan membahas tentang cara seting kacer tipe panas sebelum digantang agar tidak gampang bagong.
perawatan kacer tipe panas sebelum digantang
Untuk perawatan harian kacer tipe panas sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, maka dari itu artikel ini khusus untuk membahas perawatan kacer sebelum dibawa ke arena lomba.

Baca juga : Setingan Harian Kacer Tipe Panas
Kita asumsikan kalau lomba dilaksanakan pada hari minggu pagi, maka perawatan harian dilakukan sampai hari jumat. Untuk hari sabtu pagi burung dijemur sebentar sekitar 15 menit saja lalu mandikan dalam keramba, setelah dimandikan burung diangin-anginkan sambil dikasih jangkrik 5 ekor. Setelah dirasa bulu sudah kering maka kerodong burung agar bisa istirahat dan menyimpan energi. Sore hari kasih jangkrik 5 ekor lagi dan burung tidak usah dimandikan lagi.

Minggu pagi bersihkan kotoran burung dan berikan jangkrik 5 ekor, burung cukup diangin-anginkan, jika burung didis seperti minta mandi maka burung boleh dimandikan saat itu juga tetapi kalau burung dalam kondisi siap maka saya sarankan burung dimandikan ditempat lomba yang akan dilaksanakan.

Fungsi mandi saat diarena lomba untuk kacer tipe panas berguna agar suhu tubuh stabil, terkadang kacer tipe ini cepat sekali kepanasan dan membuka mulutnya walaupun tidak dijemur, maka dari itu sebelum burung digantangkan perlu dimandikan untuk menyetabilkan emosi serta birahinya.

Pagi sebelum kita bawa ke tempat lomba tadi sudah kita berikan jangkrik 5 ekor ya, sekarang setelah dimandikan diarena lomba kita akan memberikan jangkrik lagi 2 sampai 3 ekor saja agar burung mempunyai stamina untuk berkicau.

Angin-anginkan burung ditempat yang teduh, jika burung berkicau ngobra ngotot maka bisa dikerodong lagi sampai burung dinaikkan untuk digantang.

Perlu diperhatikan beberapa tingkah laku kacer tipe panas saat dilombakan agar kita bisa mengetahui karakter burung tersebut. Sebagai contoh berikut adalah beberapa gerak-gerik kacer tipe panas saat digantangkan agar anda bisa lebih mudah untuk mencari setingannya.

  1. Kacer tipe panas anda suka mbagong maka dapat dipastikan burung kurang birahi, maka untuk perawatannya berikan EF lebih banyak.
  2. Saat diadu burung suka ngruji maka biasanya burung juga kurang birahi.
  3. Jika burung kanibal maka burung mengalami kepanasan. Mandikan sesering mungkin.
  4. Saat diadu burung ngepel didasar sangkar maka burung OB.
  5. Burung hanya diam atau mental kurang itu disebabkan burung kurang birahi.
  6. Burung hanya ngeplong monoton maka kurang birahi.
  7. Kacer nakal suka naik turun tangkringan berarti burung kurang birahi.
  8. Kacer ngetem lama atau jeda  maka burung masih kurang birahi.
Memang agar burung kacer tipe panas bisa stabil dilapangan perlu untuk menyetel birahinya maka dari itu perawatan harian harus konsisten serta perawatan sebelum lomba juga harus diperhatikan. Kunci menaikkan birahi pada untuk kacer tipe panas bisa dengan memberikan EF tambahan seperti kroto dan jangkrik.
Loading...

0 Response to "Setelan Sebelum Lomba Kacer Tipe Panas"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan menggunakan akun Google anda.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel