Settingan Harian KACER TIPE PANAS

Loading...
Dalam merawat burung fighter seperti kacer kita harus bisa melihat karakter burung tersebut karena beda karakter beda pula cara merawatnya, seperti yang kita ketahui ada 2 tipe karakter kacer yaitu kacer tipe panas dan kacer tipe dingin.

Tentu kalian sudah tau perbedaan kacer tipe panas dan dingin karena pada artikel sebelumnya sudah kita bahas tentang cara mengetahui kacer tipe panas atau dingin. Nah, sekarang kita akan membahas tentang cara merawat kacer tipe panas untuk harian dulu karena settingan harian juga sangat berpengaruh pada saat nanti burung dilombakan.
Settingan harian kacer tipe panas, setingan lomba kacer tipe panas
Perlu diingat lagi kacer tipe panas mempunyai sifat yang cepat emosi maka dari itu penjemuran tidak perlu lama-lama karena akan membuat burung over emosi dan jika suhu tubuh terlalu panas bisa mengakibatkan kacer tipe panas menjadi kanibal/ciak bulu.

Selain cepat emosi burung kacer tipe panas juga sering bagong kalau kurang birahi maka dengan cara rutin dimandikan setiap hari bisa menaikkan birahi secara perlahan.

Dari dua patokan sifat diatas kita bisa menyimpulkan bagaimana rawatan kacer tipe panas yang benar agar burung tidak gampang emosi dan tidak gampang bagong saat ketemu lawan. Berikut sedikit gambaran tentang cara seting kacer tipe panas.
  • Perawatan dimulai dari pagi hari yaitu mulai memandikan burung dengan cara keramba atau disemprot.
  • Jemur burung jangan terlalu lama, cukup 15 - 30 menit saja. Biasanya saya mulai penjemuran burung pukul 8 pagi sampai pukul 8.30
  • Saat dijemur burung bisa juga dimasukkan dalam kandang umbaran untuk melatih stamina dan pernafasan agar tidak mudah ngos-ngosan karena diketahui burung tipe panas ini ketika ketemu musuh langsung mengeluarkan isian secara ngotot jadi perlu latihan fisik yang lebih rutin agar stamina tidak gampang kendor.
  • Setelah jemur berikan EF harian berupa jangkrik 3/5 ekor. Jika kacer anda kuat makan jangkrik hanya 3 ekor dipagi hari maka berikan settingan 3 ekor seterusnya tetapi jika bisa lebih dari 3 ekor maka ukur sampai burung tidak mau makan jangkrik lagi.
  • EF Kroto bisa diberikan seminggu 2 kali saja. contoh hari senin dan kamis 
  • Setelah pemberian EF burung bisa diangin-anginkan sambil kita dengarkan kicauannya.
  • Kerodong burung agar burung bisa istirahat lebih lama karena kalau tidak dikerodong biasanya burung akan ngoceh terus yang mengakibatkan kelelahan saat digantangkan nanti.
  • Sore hari buka krodong dan angin-anginkan burung sambil kita beri EF jangkrik 3/5 ekor sesuai kebiasaan.
Cara merawat kacer tipe panas ini lebih simple karena kita tidak harus menunggu lama untuk penjemurannya karena jemur cukup sebentar saja.
Jadi intinya perawatan kacer tipe panas sangat mudah yaitu sering mandi, jemur sebentar, latihan fisik/ pernafasan yang rutin dan pemberian EF yang konsisten. Kalau burung masih bagong berarti burung bisa lebih sering dimandikan contoh mandi pagi dan malam hari.
Loading...

0 Response to "Settingan Harian KACER TIPE PANAS"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel