Settingan Harian KACER TIPE DINGIN

Loading...
Istilah kacer tipe dingin sudah umum digunakan untuk membedakan karakter burung agar kita lebih mudah untuk merawatnya, jika anda masih belum tau perbedaannya silahkan dibuka pada artikel sebelumnya tentang Cara Bedakaan Kacer Tipe Panas dan Dingin.
perawatan kacer tipe dingin cepat ngepong, agar kacer tidak nyiblek
Kacer tipe dingin tentunya burung yang mempunyai suhu tubuh dingin yang artinya burung lebih susah dibuat emosi karena mempunyai sifat/ karakter yang tenang. Burung tipe dingin kesehariannya lebih dominan ngriwik daripada ngeplong maka dari itu pemberian EF dan juga penjemuran yang kuat bisa menjadi solusi agar burung dengan tipe ini mau ngeplong.

Beberapa ciri mendasar kacer tipe dingin adalah burung tidak suka mandi dan kuat panas kalau dijemur, sebagai contoh ketika burung dimasukkan dalam keramba tetapi burung tidak mau mandi sendiri tapi harus disemprot dulu agar mau mandi dan juga burung kalau dijemur lama tetap kuat dan tidak membuka mulutnya seperti kepanasan.

Itulah gambaran tentang kacer tipe dingin yang sedikit susah untuk dibuat ngeplong, tetapi dengan mengetahui karakter tersebut diharapkan kita bisa memberikan perawatan yang tepat agar burung kacer tipe dingin mau mengeluarkan isiannya saat dilombakan.

Baca juga : Settingan Harian KACER TIPE PANAS
Untuk rawatan harian kacer tipe dingin akan kita jabarkan dibawah ini agar burung mau gacor dan tidak mudah nyiblek.

  • Untuk kesehariannya burung dikerodong.
  • Pagi hari embunkan burung agar mendapatkan udara yang segar, proses pengembunan dipercaya dapat membuat burung lebih rajin berkicau.
  • Jemur burung mulai pukul 7 sampai burung membuka mulutnya (tanda kepanasan). Biasanya kacer tipe dingin lebih tahan panas maka dari itu penjemuran bisa sampai jam 10 pagi.
  • Saat dijemur burung bisa juga dimasukkan kandang umbaran untuk melatih pernafasan dan membuat burung olahraga agar tidak kegemukan.
  • Setelah jemur dan burung sudah tenang baru berikan EF jangkrik 5 ekor dan UH 2 ekor saja untuk menghangatkan suhu tubuhnya.
  • Burung tidak usah dimandikan tiap hari, seminggu cukup 2 kali saja agar suhu tubuh tetap terjaga.
  • Burung bisa dikrodong lagi sampai sore hari setelah itu berikan jangkrik 5 ekor dan juga UH tetap 2 ekor saja.
  • Malam hari full krodong.
Pemberian Ulat Hongkong (UH) sangat penting untuk kacer tipe dingin karena UH yang sifatnya panas bisa menghangatkan suhu tubuh burung, jika kacer tipe ini kurang kena jemur biasanya burung akan keseringan nyiblek/ naik turunkan ekornya sambil siul-siul saja.

Perlu diketahui untuk perawatan harian kacer tipe dingin memerlukan waktu yang lebih lama terutama pada saat penjemuran, kita harus bisa memahami karakter burung agar tidak salah dalam melakukan perawatan. Kalau burung tidak mau mandi gak apa-apa itu tandanya suhu tubuh burung masih rendah, kalau burung suka nyiblek maka proses penjemuran dilakukan lebih lama.
Loading...

1 Response to "Settingan Harian KACER TIPE DINGIN"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel