Cara Buat Cepuk Pakan Dari Buah Palem Untuk Pleci dan Kolibri

Loading...
Akhir-akhir ini banyak sekali yang posting tentang kreasi pembuatan cepuk dari bahan buah palem, bentuknya memang unik seperti ada ukiran-ukirannya sehingga sangat cocok digunakan untuk sangkar pleci atau kolibri yang bermanfaat sebagai tempat pakan ataupun nektar.
Tanaman palem biasanya banyak terdapat ditempat-tempat seperti aloon-aloon kota atau biasa juga ditemukan di SPBU soalnya tanaman ini digunakan sebagai hiasan. Yang akan kita gunakan sebagai cepuk nanti adalah buahnya, jadi kita hanya perlu mengumpulkan buah palem yang sudah jatuh saja (biasanya berwarna merah tua).

Baca Juga : Cara Buat Doping Pleci Agar Cepat Buka Paruh
Kenapa yang sudah jatuh saja yang kita buat? itu karena cangkang buahnya lebih keras dan sudah membentuk ukiran khusus jadi kita tinggal memotong ujung dan mengeluarkan isi dari buah palem tersebut. Secara singkat cara pembuatan cepuk dari buah palem sebagai berikut :

  1. Pilih buah palem yang sudah jatuh dari pohon karena biji lebih keras dan tidak mudah rapuh.
  2. Rendam dengan air, 5 sampai 10 menit agar tidak getas dan mudah pecah.
  3. Jepit pakai tang jepit atau alat apapun agar buah tidak goyang saat dipotong.
  4. Potong dengan graji kecil atau kraji ukir.
  5. Jemur selama dua hari, agar buah mengecil dan surat selaput buah palem getah nya hilang terserap buah yg mengkerut akibat di jemur. Jika tidak sabar menunggu 2 hari, isi buah dapat dihilangkan dengan cara dibor pelan-pelan.
  6. Apabila buah palem sudah mengkerut tusuk dengan kawat atau benda lancip lain nya lalu cabut dan buang isi nya, ini proses setelah dijemur tadi ya.. jadi setelah dijemur biasanya isi dalam buah akan mengkerut jadi lebih mudah untuk dikeluarkan.
  7. Amplas bagian dalam dan sisa potongan dengan amplas kasar terlebih dahulu, pastikan sisa potongan nya tumpul dan tdak tajam, lalu halus kan dengan amplas kayu halus.
  8. Setelah selesai menghaluskan lalu cuci bersih dan rendam dengan air hangat sampai air menjadi dingin, lalu jemur sampai kering.
  9. Lalu finishing menggunakan pernis crocodile warna sesuai kan selera saja, setelah di pinising jemur dan apa bila sudah kering cuci dengan bersih, lalu gosok dengan ampas kelapa agar mengkilap dan menghilang kan bau minyak tiner dari pernis tersebut.
  10. Buat cantolan agar cepuk bisa ditaruh diatara ruji sangkar, biasanya saya buat dari bambu lalu direkatkan pakai lem pada cepuk yang sudah jadi tersebut.

Dari beberapa proses pembuatan cepuk dari buah palem tersebut diatas mungkin yang pling sulit adalah mengeluarkan biji buahnya yang berwarna putih itu, jadi perlu keterampilan dan alat seperti bor atau pisau kecil untuk mengorek-ngorek sampai bersih isi yang berwarna putih tersebut dan kalau anda sabar maka dengan cara dijemur sampai 2 hari bisa memudahkan proses pelepasan isi seperti yang disebutkan pada nomor 5 diatas.

Baca Juga : Membuat Racikan Pakan Kolibri Ninja Cepat Gacor
Itulah cara pembuatan cepuk dari biji buah palem, kalau bikin sendiri saja semudah ini kenapa mesti beli? Tunjukkan Kreatifitas Anda!!!
Loading...

0 Response to "Cara Buat Cepuk Pakan Dari Buah Palem Untuk Pleci dan Kolibri"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel