Cara Hilangkan Sisik/ Deker Pada Kaki Burung Tua

Membedakan burung muda dan tua bisa dilihat dari sisik kakinya, burung muda memiliki kaki yang masih mulus dan kelihatan basah, sedangkan burung dewasa mempunyai sisik kaki yang tebal. Sisik pada kaki burung disebabkan oleh kotoran yang menempel serta kulit kaki burung yang seharusnya terkelupas tetapi tidak terkelupas karena burung dipelihara didalam sangkar.

Sebenarnya sisik atau deker pada burung tidak berpengaruh pada performa kicauannya tetapi kalau anda mempunyai burung yang memakai ring/ gelang kaki tentu itu bisa menyakiti burung karena ring akan terasa sempit.

Biasanya para pedagang agar burung yang dijualnya kelihatan masih muda yaitu dengan cara menghilangkan sisik kaki pada burung yang dijualnya, dengan membersihkan sisik kaki medang yang tebal itu diharapkan burung kelihatan masih muda dan memiliki nilai jual yang lebih mahal.

Burung yang sering memiliki sisik tebal yaitu burung kacer dan burung murai batu sedangkan burung kenari dan lovebird jika semakin tua kakinya hanya kelihatan kusam dan kering.

Baca juga : Cara sembuhkan burung yang suka cabut bulu sendiri
Kaki medang pada burung jika dibiarkan akan semakin mengeras dan membesar, jika kita tidak sering memandikan burung dikawatirkan sisik tersebut akan ditumbuhi jamur yang mengakibatkan kaki berjamur yang dapat menurunkan performa burung.

Jika anda berniat untuk melepaskan sisik pada kaki burung sebaiknya anda mengetahui dahulu resikonya. Resiko kelupas sisik kaki burung, diantaranya :
  1. Burung akan takut pada kita, burung yang kita pegang akan merasa ketakutan dan trauma pada orang yang melepas sisik kakinya.
  2. Burung macet bunyi, karena cara melepasnya dengan cara dipegang maka ditakutkan burung akan mengalami macet bunyi.
  3. Burung stress, stress karena dipegang dan dilepas sisiknya bisa mengakibatkan macet bunyi dan giras.
  4. Kaki burung bisa keseleo jika kita tidak hati-hati saat melepas sisik kaki.
  5. Burung lepas jika kita tidak memegang burung dengan benar
Sedangkan keuntungan dari membersihkan sisik pada kaki burung adalah :
  1. Burung kelihatan bersih
  2. Burung tua jadi kelihatan lebih muda karena kakinya bersih dan hitam
  3. Burung terhindar dari jamur
Dilihat dari resiko dan keuntungan dari mengelupas sisik pada burung tersebut jika anda masih ingin melakukannya silahkan dicoba beberapa cara berikut yang saya kira paling aman dan memberikan hasil yang cepat dan mudah.
  • Lepas sisik kaki medang dengan air hangat dicampur garam
Cara pertama ini sangat mudah dan umum dilakukan untuk mengelupas sisik pada kaki burung, caranya siapkan 1 baskom air hangat yang sudah dicampur dengan garam secukupnya kemudian rendam kaki burung yang bersisik tebal tadi, tunggu beberapa menit sampai sisik sedikit lembek/ lunak kemudian congkel perlahan dengan kuku sampai sisik mau lepas.

Jika sisik susah lepas sebaiknya rendam lagi sampai benar-benar terasa empuk dan bisa dilepas tanpa paksaan.

Jika sudah lepas bersihkan dengan kain dan olesi kaki burung dengan minyak tawon agar kaki tidak bengkak.
  • Menggunakan Pasta Gigi Peps0den
Cara kedua menggunakan pasta gigi yang dilumurkan pada kaki burung yang bersisik, rasa hangat dari pasta gigi akan membuat sisik menjadi empuk sehingga mudah untuk dikelupas.
  • Menggunakan Minyak Tawon
Minyak tawon yang rasanya hangat bisa membuat sisik terkelupas dengan sendirinya, tetapi sisik tidak bisa langsung terkelupas melainkan kita harus rutin mengoleskan minyak ini beberapa kali sampai sisik mau terkelupas sendiri.
  • Menggunakan Minyak Zaitun/ Minyak Kelapa
Caranya masih sama yaitu dengan cara memegang burung lalu oleskan minyak zaitun merata pada kaki yang bersisik, tunggu sampai sisik kelihatan empuk dan coba congkel perlahan sisik dengan kuku tangan kita sampai mau terlepas.
  • Menggunakan Baby Oil
Baby oil yang biasa digunakan untuk melembabkan kulit juga dapat digunakan untuk mengelupas sisik pada kaki burung, caranya dengan mengoleskan pada kaki burung tersebut dan biarkan beberapa menit, setelah itu coba goyang-goyang sisik yang tebal tadi dan congkel dengan kuku secara perlahan.
  • Hilangkan sisik burung secara alami
Untuk cara yang alami yaitu dengan cara sering memandikan burung, burung yang sering berendam dalam air maka kotoran dan kulit kering pada kaki akan lepas dengan sendirinya.

Setelah anda mencoba membersihkan sisik medang pada kaki burung sebaiknya burung langsung dimandikan pada keramba dan diberikan makanan kesukaannya seperti jangkrik dan kroto agar burung cepat melupakan kejadian tadi dan tidak stress.

Dari beberapa cara lepas sisik kaki medang pada burung tersebut silahkan dicoba mana yang dirasa paling mudah, perlu diingat jangan memelintir kaki burung karena bisa membuat burung tersakiti dan terluka kakinya.

Cara diatas dapat digunakan pada burung kacer, murai batu, cucak ijo, jalak suren, dan burung besar lainnya, sedangkan untuk burung kecil seperti pleci, kolibri sebaiknya sisik dibiarkan saja karena terlalu beresiko untuk membersihkan sisik kakinya.
Loading...

0 Response to "Cara Hilangkan Sisik/ Deker Pada Kaki Burung Tua"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan menggunakan akun Google anda.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel