5 Cara Agar Cucak Ijo Mau Makan Voer Dengan Cepat

Loading...
Pada alam liar burung cucak ijo memang hanya memakan buah-buahan dan juga serangga, tetapi setelah kita pelihara dalam sangkar tidak ada salahnya untuk melatih cucak ijo makan voer agar terpenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi. Dalam pakan voor kemasan tentu terdapat vitamin dan nutrisi tambahan yang dibutuhkan untuk burung.

Fungsi lain dari pemberian voor pada burung cucak ijo yaitu agar burung tidak mati kalau kehabisan buah atau serangga ketika kita tinggal beberapa hari, maka dari itu menyediakan voor pada cepuk tersendiri sangat dianjurkan untuk burung rumahan yang sering kita tinggal.
melatih cucak ijo agar mau makan voer
Banyak orang yang susah untuk membuat cucak ijonya makan voor, kenapa demikian? setelah ditelusuri ternyata mereka yang merasa susah membuat cucak ijo cepat ngevoor memiliki burung yang masih giras atau baru beli dari pengepul. Maka tidak heran burungnya susah dilatih makan voor karena burung masih dalam keadaan stress dan belum adaptasi dengan lingkungan baru.

Sebelum melatih cucak ijo makan voor sebaiknya jinakkan dulu burung anda, untuk caranya silahkan baca pada artikel sebelumnya tentang cara cepat jinakkan burung cucak ijo. Baiklah setelah dirasa burung sudah adaptasi dengan lingkungan maka langkah selanjutnya adalah melatih burung ijo untuk makan voor.

Ada beberapa cara untuk membuat cucak ijo cepat makan voor, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Berikan pisang yang ditaburi voor lembut, Jadi berikan buah pisang yang sudah dilumuri atau ditaburi dengan voor lembut tujuan cara ini yaitu agar voor yang menempel pada pisang ikut termakan walaupun hanya sedikit jadi burung cucak ijo akan merasakan rasa dan aroma voor. Terkadang cucak ijo tidak mau makan pisang yang ditaburi voor secara full maka berikan voor hanya pada bagian tertentu pisang saja agar buah pisangnya masih kelihatan dan burung masih mau makan. Pada tahap ini burung hanya dikasih pisang saja tanpa EF lain seperti jangkrik.
  • Berikan lumatan pisang yang dicampur voor lembut dalam cepuk, tujuannya masih sama yaitu saat burung makan pisang secara tidak langsung voor juga akan ikut termakan. Berikan voor lembut sedikit saja agar pisang tidak mudah kering. Cara ini juga bertujuan untuk mengenalkan burung pada cepuk makan sendiri yang nantinya diisi voor saja.
  • Campur voor dengan kroto, ini cara paling mudah untuk membuat cucak ijo cepat makan voor karena dengan mencampur kroto dengan voor lembut burung masih lahap makan. Untuk pertama berikan kroto lebih banyak dari voor dan untuk seterusnya kurangi krotonya. Lihat kotoran burung jika sudah berwarna seperti warna voor maka dapat dikatakan burung sudah mau makan voor.
  • Campur voor dengan potongan ulat hongkong, jika susah untuk menemukan kroto maka ulat hongkong dapat dijadikan pengganti yaitu dengan cara potong beberapa ulat hongkong dan campur dengan voor lembut. Voor lembut akan menempel pada potongan ulat hongkong yang akan dimakan burung tetapi jangan banyak-banyak memberikan ulat hongkongnya karena bisa menyebabkan benjolan pada kelopak mata burung.
  • Berikan susu kental manis yang ditaburi voor, cucak ijo suka dengan yang manis-manis maka dari itu susu kental manis juga bisa dijadikan cara untuk membuat burung cucak ijo cepat makan voor. Caranya yaitu dengan memberikan cepuk sendiri untuk susu kental manis tadi, biarkan burung merasakan susu tanpa campuran voor terlebih dahulu setelah merasakan beberapa kali baru berikan taburan voor lembut diatas susu kental manis. Untuk SKM tidak usah diberikan campuran air.
Jika 5 cara membuat cucak ijo cepat makan por diatas sudah dicoba maka periksa kotoran burung apakah sudah seperti warna voor yang kita berikan? atau biasanya kotoran lebih padat dan berwarna seperti voor, jika kotoran sudah ada kandungan voor maka selamat burung anda sudah mau makan voor. 

Berikan voor kasar pada cepuk tersendiri jika dirasa burung sudah full mau makan voor. Untuk mengetahui apakah benar-benar sudah mau makan por maka berikan hanya por saja tanpa pisang apakah burung mau makan voer tadi apa tidak, kalau dimakan berarti burung memang sudah mau makan por.

Berikan voor hanya sebagai pakan pendamping saja karena pakan utama tetap buah-buahan dan serangga yang dapat membuat burung anda menjadi cepat berkicau, jika anda hanya memberikan voor dikuatirkan burung akan kurus dan macet bunyi.
Loading...

0 Response to "5 Cara Agar Cucak Ijo Mau Makan Voer Dengan Cepat"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel