10 Cara Paling Cepat Hilangkan Lemak Pada Burung Lovebird

Akhir-akhir ini banyak sekali yang menanyakan tentang cara hilangkan lemak pada burung lovebird, entah itu lovebird lomba ataupun indukan yang ditangkarkan jika pola makan dan jemur tidak dikontrol pasti berlemak pada bagian perut bawah.

Burung lomba yang berlemak pasti akan turun performanya seperti sering diam dan kurang gacor, jika lovebird indukan yang berlemak bisa menghambat produksi karena terkadang indukan tidak mau kawin dan telur susah keluar karena adanya lemak yang berlebih.
Kegemukan pada lovebird lomba sering terjadi karena settingan tinggi yaitu memberikan EF yang berlebih dan kurang olahraga, sedangkan pada indukan lovebird lemak timbul karena kurang jemur dan pemberian EF berlebih seperti jagung dan kangkung yang semula diharapkan dapat mempercepat produksi burung tetapi malah membuat burung kegemukan dan nglemak.

Lemak pada indukan lovebird juga sering terjadi karena sedang meloloh anakan, saat meloloh anakan indukan cenderung banyak menyimpan makanan pada tembolok untuk menyuapi anakannya dan jika anakan sudah kenyang maka sisa makanan akan dicerna sendiri. Nah, permasalahannya karena kita terlalu banyak menyediakan pakan maka indukan akan banyak makan juga dan kondisi sangkar yang sempit membuat indukan tidak banyak gerak dan hasilnya nglemak/ nggajih.

Baca juga : Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula, Mudah dan Berhasil
Untuk anda yang mempunyai indukan tetapi tidak kunjung kawin maka bisa jadi burung anda sedang mengalami kegemukan/ nglemak. Untuk mengetahui hal itu ketahui ciri-ciri lovebird nglemak/ nggajih, berikut ini :
  • Jika lovebird lomba yang kegemukan dan nglemak biasanya burung akan banyak diam dan kurang gacor.
  • Pada indukan lovebird biasanya yang sering nglemak adalah LB betina, maka lihat bagian perut apakah ada benjolan warna kuning yang kalau dipegang kenyal ginjur-ginjur.
  • Pada bagian perut bawah dekat kloaka terdapat benjolan seperti mau bertelur padahal itu adalah lemak berlebih yang bisa menyumbat lubang keluar telur dan terjadi egg binding.
  • Burung terlihat rakus banyak makan dan malas bergerak serta susah untuk terbang karena kelebihan berat badan.
Jika anda mendapati burung lovebird anda dengan ciri-ciri diatas maka berikan obat atau diberikan terapi perawatan kusus untuk mengurangi dan menghilangkan lemak pada burung agar proses produksi menjadi lancar kembali.

Untuk obat penghilang lemak pada lovebird saya kurang paham tapi pasti ada yang jual obat tersebut, tetapi untuk cara menghilangkan lemak tanpa obat saya ada beberapa cara yang ampuh untuk membuat lovebird langsing kembali.

1. Atur Pola Makan Lovebird
Salah satu penyebab lemak adalah pakan yang berlebih seperti jagung muda, tauge, kenari seed maka kurangi atau malah tidak usah berikan pakan tersebut terlebih dulu. Cukup berikan milet putih saja dan berikan sayuran seperti kangkung untuk EF nya.

Agar lemak lebih cepat kempes/ hilang pemberian pakan bisa ditakar atau diberikan sedikit saja, ini bukan menyiksa tetapi agar lemak diproses menjadi tenaga.

2. Bakar Lemak Dengan Cara Dijemur
Proses penjemuran memang sangat penting untuk semua jenis burung terutama untuk burung yang kegemukan dan berlemak perlu penjemuran lebih lama untuk membakar lemak dalam tubuh. Proses penjemuran dapat dilakukan mulai pukul 7 pagi sampai pukul 11 siang, lihat kondisi burung apakah kuat dijemur lama atau tidak.

Agar proses pembakaran lemak lebih cepat berikan terapi jemur pakai kerodong yaitu dengan cara Kerodong Kering Burung Basah, proses ini bisa dilakukan mulai pukul 9 sampai pukul 10 atau sekuatnya burung. Untuk lebih jelas tentang terapi ini baca artikel sebelumnya tentang Cara dan Manfaat Jemur Lovebird Dengan Kerodong.

3. Berikan Ayunan Pada Kandang Ternak
Ayunan ini bertujuan untuk membuat LB aktif bergerak karena cara kerjanya yaitu berayun dan secara tidak langsung burung akan menyeimbangkan diri dengan cara mengepak-ngepakkan sayapnya, dengan seringnya burung bermain ayunan dan lompat maka diharapkan bisa sedikit membakar lemak dan kalori yang berlebih.

4. Memberikan Kandang Umbaran Untuk Lovebird Lomba
Kandang umbaran selain untuk melatih pernafasan juga berguna untuk membakar lemak berlebih maka untuk anda yang suka gantang lovebird sebaiknya mempunyai kandang umbaran untuk tempat olahraga burung.

5. Perbesar Ukuran Kandang Ternak
Jika semula kandang ternak anda sempit maka coba ubah ukuran kandang ternak agar burung lebih leluasa untuk terbang, kandang yang lebih besar bisa juga digunakan untuk ternak secara koloni.

6. Mandikan Secara Basah Kuyup LB Pada Pagi Hari
Proses mandi juga bisa mengurangi lemak pada lovebird, itu karena saat menggigil kedinginan burung akan gemetaran/ menggigil yang secara tidak langsung dapat membakar lemak.

7. Berikan Bawang Merah Pada Perut Yang Berlemak
Mengoleskan bawang merah pada bagian yang berlemak dipercaya dapat mengurangi lemak itu karena rasa hangat dan senyawa dari bawang merah itu sendiri.

8. Berikan Minyak Tawon/ Minyak Kayu Putih Pada Bagian Yang Berlemak
Minyak tawon memang banyak manfaatnya, selain untuk mengobati luka bisa juga untuk membakar lemak.

9. Operasi Kecil Pada Burung Berlemak
Jika anda berani untuk melakukan operasi kecil pada burung anda maka cara ini menjadi cara tercepat menghilangkan lemak. Untuk caranya silahkan dibaca pada artikel Omkicau cara sedot lemak pada burung.

10. Berikan Obat Penghilang Lemak
Untuk jenis obatnya mungkin banyak ditemukan dipasaran atau pada kios burung untuk itu coba ditanyakan obat paling manjur untuk menghilangkan lemak pada burung.

Baca juga : Cara Obati lovebird Kurus Nyilet Pada Bagian Dada
Itulah 10 cara untuk hilangkan lemak pada burung, untuk burung yang sudah pernah mengalami ngelemak/ nggajih biasanya lemak bisa timbul kembali karena perawatan yang kurang konsisten, maka dari itu jika lemak sudah hilang tetap lakukan perawatan diatas agar lemak tidak kembali kecuali burung anda sedang dijodohkan atau sedang mengerami telur.

0 Response to "10 Cara Paling Cepat Hilangkan Lemak Pada Burung Lovebird"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel