Cara Buat Doping JTJ Agar Lovebird Rajin Ngekek Panjang

Salam satu hobi untuk pecinta kekekan lovebird, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang doping terbaru untuk burung lovebird yang baru saja beredar dan sudah banyak yang membuktikan kalau racikan minuman yang biasa disebut Jamu Tetes Joss atau biasa disingkat JTJ.

Ramuan JTJ pertama kali ditemukan oleh seorang master LB yaitu Pak Su Lek Di, setelah dicoba pada burung peliharaannya sendiri dirumah ternyata dengan ramuan buatannya itu burung LB yang biasanya loyo dan malas ngekek menjadi lebih aktif ngekek dan dapat mengeluarkan suara yang panjang.
Jamu Tetes Joss JTJ untuk lovebird lebih rajin ngekek panjang
Jamu Tetes Jos (JTJ)
Sebenarnya bahan apa saja yang digunakan Pak Su Lek Di untuk membuat jamu untuk lovebird yang dipercaya dapat membuat burung menjadi lebih rajin ngekek dengan durasi panjang.

Bahan Untuk Membuat Jamu Tetes Joss (JTJ)
  1. Pepaya mentah yang tua atau setengah matang (kemampo)
  2. Jahe sebesar 3 jempol kaki
  3. Kunyit seruas jari 
  4. Bawang Putih segerombol
  5. Madu secukupnya (madurasa 1 sachet/ madu murni 1 sendok makan)
Cara Pembuatan JTJ Jamu Tetes Joss
  • Parut pepaya yang sudah disiapkan tadi, setelah terparut semua peras menggunakan kain dan hanya diambil sarinya. Untuk sari pepaya hanya dibutuhkan setengah gelas saja.
  • Jahe, kunyit dan bawang putih juga diparut lalu diperas juga dan diambil sarinya.
  • campurkan sari dari pepaya dengan campuran sari jahe kenyit bawang putih
  • Tambahkan madu 1 sendok makan untuk menambahkan rasa manis dan membuat LB lebih bertenaga.
  • Jamu JTJ sudah siap diberikan untuk burung LB kesayangan.
Cara pemberian JTJ pada burung lovebird
  • Pemberian Jamu Tetes Jos (JTJ) cukup 3 tetes setiap harinya, biasanya jamu ini diberikan kepada burung pagi hari dengan cara meneteskan langsung pada mulut burung. Berikan pagi hari ketika burung diembunkan.
  • Ada beberapa kasus setelah diteteskan ramuan JTJ burung mengalami muntah, menurut beberapa orang yang sudah membuktikan ramuan ini memang pertama mengalami muntah seperti tersedak tetapi itu hal yang wajar karena burung masih belum terbiasa.
  • Rontok bulu halus menjadi pertanda kalau ramuan ini bereaksi karena jahe memang membuat suhu tubuh menjadi hangat.
  • Ramuan JTJ ini bermanfaat sebagai multivitamin yang dapat merangsang burung menjadi lebih rajin berkicau dan mengeluarkan durasi yang panjang.
  • Rawatan hariannya tetap memakai milet putih dan EF seperti jagung dan kangkung yang diselang seling.
  • Jamu JTJ ini bisa digunakan untuk lovebird paud ataupun dewasa yang dirasa kurang stamina atau kurang receh maka tidak ada salahnya mencoba memberikan ramuan ini.
  • Jika dalam waktu 1 minggu ada perubahan positif maka pemberian Jamu Tetes Joss ini dapat diteruskan tetapi jika burung tidak cocok dengan ciri-ciri burung kelihatan tidak nafsu makan dan hanya minum saja maka hentikan pemberian jamu tetes ini.
Cara pemberian JTJ sebelum digantang/ lomba
  1. Berikan 3 tetes untuk paud dan 5 tetes untuk dewasa 2 jam sebelum gantang. Jika cuaca panas berikan 2 jam sebelum gantang, jika cuaca dingin berikan antara 30 menit sampai 1 jam sebelum gantang.
  2. Ketika mau naik gantangan, berikan 2 semprot halus air agar dapat stabil.
  3. Berikan jagung dikit aja agar LB merasa kenyang dan tidak mencari makanan dibawah sangkar.
  4. Soal settingan lain nya silahkan dipelajari apa yang kurang saat burung LB digantang. Baca artikel sebelumnya tentang Ketahui Tingkah Laku dan Karakter Lovebird Saat Digantang
Pemberian JTJ berapa lama om yang baik?
Untuk LB awal beri full 1 minggu dan hanya cukup 3 tetes untuk 1 hari, liat perkembangan LB kalau burung sudah gacor kurangi dosis pemberian biasanya saya jadikan menjadi seminggu 2 kali saja. Burung yang menggunakan ramuan JTJ hariannya gak usah dikerodong atau ablak saja agar burung tidak merasa gerah dan kalau kebanyakan dikerodong nanti malah rontok bulu halusnya.

Sangat mudah sekali bukan dalam membuat ramuan doping jamu JTJ, bahan yang diperlukan mudah didapat dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk membuatnya. Tidak ada salahnya mencoba membuat ramuan tersebut dan mulai mencoba pada burung yang dianggap kurang receh atau kurang gacor maka lihat sendiri efek yang ditimbulkan oleh Jamu Tetes Joss (JTJ).

4 Responses to "Cara Buat Doping JTJ Agar Lovebird Rajin Ngekek Panjang"

  1. merasnya itu di kasih air matang atau gak di kasih air?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung diperas saja mas, jadi murni tanpa tambahan air.

      Delete
  2. Replies
    1. terima kasih untuk kunjungannya mas.. :)

      Delete

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel