Penyebab dan Cara Sembuhkan Kacer Kanibal

Burung kacer suka mencabuti bulunya sendiri/ kanibal memerlukan perawatan khusus, kita harus mengetahui kenapa burung tersebut suka mencabuti bulunya sendiri untuk memudahkan kita dalam mengobati atau memberikan perawatan yang tepat.
perawatan kacer suka cabut bulu sendiri
Kacer Kanibal Suka Gigit Bulu Sayap Sampai Patah
Saya dulu juga pernah mempunyai kacer suka cabut bulu ekor sampai patah, setelah saya amati ternyata burung kacer saya kalau sehari tidak dimandikan langsung bertingkah seperti itu mungkin burung terlalu birahi atau emosi jadi perawatannya setiap hari burung saya mandikan atau saya kasih cepuk besar dalam kandang biar mandi sendiri. Seperti itulah contoh pemahaman karakter burung jadi kita harus pandai mengamati tingkah karakter burung kita agar lebih mudah dalam melakukan perawatan.

Baca juga : Settingan Harian Kacer Gacor Buka Ekor
Kembali pada topik kacer kanibal, ada beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya sifat kanibal diantaranya adalah perawatan, kebersihan dan birahi. Berikut ini beberapa masalah yang sering menjadi penyebab kacer kanibal.
  • Kacer cabut bulu kaki karena Kurang Nutrisi
Kurang nutrisi pada kacer dapat dilihat dari bulu-bulu yang kusam, bulu kusam bukan hanya menandakan kalau burung tersebut mau mabung tetapi dapat diartikan juga kalau burung tersebut kekurangan nutrisi atau burung kurang sehat. Biasanya burung suka mematahkan bulu sayap atau ekor serta mematok kuku untuk mendapatkan tambahan kalsium yang dibutuhkan burung.

Untuk mengatasinya, berikan voor yang mempunyai nutrisi yang cukup serta berikan EF berupa jangkrik dan kroto. Pemberian gridd atau tulang sotong juga dapat membantu untuk mendapatkan tambahan kalsium yang dibutuhkan burung.
  • Over Birahi
Burung yang birahi tinggi cenderung melampiaskan birahinya dengan mencabuti bulu dada sampai botak, birahi tinggi ini biasanya disebabkan karena burung mendapatkan asupan protein yang berlebih biasanya terlalu banyak memberikan jangkrik, ulat hongkong atau kroto.

Jika burung terlalu birahi dapat dipastikan burung menjadi lebih galak dan tak jarang ada burung yang melampiaskan birahinya dengan cara mencabuti bulu sendiri.

Untuk mengatasi masalah ini coba kurangi pemberian EF seperti jangkrik UH dan kroto serta burung lebih sering dimandikan, sering diembunkan dan full krodong ditempat yang sepi. Jika anda menggunakan untulan untuk setelan kacer anda maka bisa disatukan dalam satu kandang untuk melepas birahi.
  • Kacer terlalu emosi
Kebanyakan kacer yang sering kanibal memiliki emosi yang tinggi atau kacer fighter yang tidak pernah diketemukan dengan lawan sehingga emosi yang meluap disalurkan dengan cara cabut bulu ekor sendiri. Kacer seperti ini jangan dijemur terlalu lama serta pemberian EF berupa Ulat Hongkong diberhentikan dulu. Berikan ulat bambu untuk menurunkan suhu tubuh dan tingkat emosinya, serta coba bawa ketempat latihan untuk menurunkan emosi dan birahi.
  • Kalah Mental
Burung muda yang dipaksakan untuk mengikuti lomba biasanya sering kalah mental, tanda yang bisa dilihat dari kalah mental ini adalah burung akan langsung diam ketika mendengar suara kacer lain serta burung hanya melompat lompat saja. Lebih parahnya lagi kalau burung merasa tertekan dan kalah mental lalu mencoba mengejar dan mencabuti bulu sendiri.

Menyembuhkan kacer yang kalah mental saja sudah susah apalagi ditambah suka mencabuti bulu sendiri, untuk mengembalikan mental biasanya dengan cara memberikan untulan burung yang lebih muda atau memberikan pasangan/ kacer betina.
  • Burung Kutuan
Jika burung sering didis atau mencabuti bulu dada kemungkinan burung sedang terserang kutu, biasanya telur kutu banyak terdapat dibagian kepala dan sayap burung coba periksa apakah banyak putih-putih seperti ketombe yang berada pada bulu bagian kepala, jika iya berarti burung anda kutuan.

Cara yang praktis untuk menghilangkan kutu yaitu dengan cara memandikan burung secara basah kuyup dengan shampo kusus burung, untuk cara alaminya bisa menggunakan air cucian beras dan daun sirih.
Kata Master Tentang Kacer Kanibal
Kenapa saya tidak menjual burung saya yang suka cabut bulu sendiri? alasan saya ini berdasarkan pengalaman kalau burung yang suka cabut bulu/ kanibal itu adalah burung bagus, burung yang mempunyai jiwa fighter yang tinggi tetapi jika salah perawatan ya resikonya seperti itu. Pengkrodongan dan isolasi ditempat yang nyaman menjadi perawatan wajib untuk burung yang terlalu birahi.

Bagaimana, apakah anda sudah mengetahui penyebab kacer anda suka mencabuti bulunya sendiri? jika penyebab sudah diketahui berarti kita tinggal terapi penyembuhan atau pengobatannya.

Kebersihan sangkar juga berpengaruh dalam menyembuhkan kacer kanibal jadi jangan malas untuk membersihkan kotoran yang berada pada alas sangkat agar tidak tumbuh jamur yang dapat mengakibatkan infeksi kulit dan pernafasan pada burung anda.
Loading...

0 Response to "Penyebab dan Cara Sembuhkan Kacer Kanibal"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan menggunakan akun Google anda.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel