10 Cara Agar Suara Kacer Lebih Keras dan Ngristal

Burung kacer yang baru kita rawat setelah beli dari ombyokan cenderung masih adaptasi dengan lingkungan, jika anda mendapati burung anda masih dalam tahap mriwik berarti burung tersebut mulai nyaman dengan lingkungan barunya dan perlu perawatan yang konsisten agar burung mau ngeplong dengan mengeluarkan isiannya.

Baca : Cara pilih kacer ombyokan suara keras dan fighter
Burung kacer cenderung berkicau monoton saat dirumah dan mengeluarkan isiannya saat digantangkan saja, jadi kalau anda ingin mendengar suara isian apa saja yang sudah masuk pada burung tersebut maka coba bawa burung anda kearena lomba/ latber untuk mengamati apa yang kurang dari burung tersebut.
Membuat volume kacer keras dan ngeplong panjang
Kacer Gacor dengan Suara Keras dan Panjang
Kali ini kita akan membahas tentang cara memaksimalkan volume suara kacer karena volume sangat berperan penting dalam penilaian juri saat dilombakan. Volume yang tembus akan langsung terdengar oleh juri dan membuat juri memberikan nilai lebih.

Menaikkan suara kacer bukan berarti suaranya dapat langsung meningkat akan tetapi kita berupaya memaksimalkan agar suara yang dikeluarkan oleh burung tersebut dapat keluar dengan lantang dan panjang.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui suara isian kacer dan cara memaksimalkan saat dilombakan.
  1. Pastikan anda memilih kacer dengan katuranggan atau ciri fisik yang bagus, mulai dari bentuk paruh hingga keseluruhan badan. Pada umumnya kacer yang mempunyai suara keras mempunyai paruh yang besar dan panjang serta bentuk tubuh yang panjang.
  2. Jika kacer sudah mau mriwik maka langkah selanjutnya melakukan perawatan harian agar burung mau ngeplong dan tidak takut dengan manusia.
  3. Burung sudah mau ngeplong tetapi suara monoton kalau dirumah itu hal yang wajar, coba bawa burung latihan kalau burung mau berkicau dengan mengeluarkan isiannya maka amati apa saja yang perlu dibenahi mulai dari suara isian, volume, gaya tarung dan durasi.
  4. Suara isian yang tepat dapat membuat burung lebih cepat menghafal dan membawakan dengan lantang maka cari tau apakah burung anda merupakan kacer tipe ngerol nembak ataupun ngerol dengan speed yang rapat.
  5. Masterlah dengan suara yang sesuai, jika burung anda mempunyai suara yang kasar maka suara burung cucak jenggot atau gereja kawin sangat sesuai, jika kacer anda mempunyai suara yang lantang maka dapat dimaster dengan burung cililin.
Latihan Fisik yang dapat membuat suara burung kacer lebih keras dan ngotot
  1. Pengembunan, mulai embunkan burung jam 4 pagi karena udara segar dapat memancing burung lebih rajin berkicau dan mengeluarkan isiannya.
  2. Penjemuran, setelah diembunkan mulai dengan penjemuran. Biasanya saya mengeluarkan pakan dan minum saat burung sedang dijemur. Penjemuran bisa sampai jam 11 siang atau sekuatnya burung dulu, apabila burung sudah kelihatan kepanasan dan membuka mulutnya maka segera diteduhkan.
  3. Berikan beberapa jangkrik langsung setelah dijemur, ini bertujuan agar lendir yang berkumpul di tenggorokan ikut masuk kedalam perut agar saat berkicau burung lebih plong.
  4. Setelah beberapa saat diangin-anginkan baru diberikan minuman bersih atau larutan penyegar agar lebih maksimal.
  5. Mandi, proses mandi dapat dilakukan sebelum atau sesudah dijemur tergantung kebiasaan burung.
  6. Berikan latihan fisik berupa umbaran, umbaran ini bertujuan untuk meningkatkan nafas burung sehingga saat berkicau dapat mengeluarkan suara isian dengan lantang dan panjang. Umbaran dapat dilakukan setiap hari dan dihentikan seminggu sebelum burung dilombakan.
  7. Berikan pakan EF yang bernutrisi contohnya kroto dan jangkrik. Untuk jangkrik sebaiknya dikasih makan seperti kunyit atau daun pepaya agar kandungan kunyit dan daun-daunan lainannya dapat terserap juga oleh burung yang memakan jangkrik tersebut.
  8. Kerodong burung kacer untuk menyimpan energi, biasanya burung yang akan dilombakan diberikan full kerodong untuk menyimpan tenaga dan tidak gembos saat dilombakan.
  9. Berikan vitamin setiap hari agar burung selalu sehat.
  10. Lakukan perawatan secara rutin dan konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Itulah 10 cara meningkatkan volume suara kacer agar ngristal, jika anda merasa mempunyai kacer dengan suara yang kecil maka jangan putus asa terlebih dulu, mungkin burung anda sedang dalam keadaan kurang sehat atau masuk pada siklus mabung/ rontok bulu maka amati karakter burung anda lalu otak-atik settingannya agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

0 Response to "10 Cara Agar Suara Kacer Lebih Keras dan Ngristal"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel