Cegah dan Atasi Paruh Gajah Pada Lovebird

Paruh gajah pada lovebird anakanParuh gajah pada lovebird adalah memanjangnya paruh atas lovebird menyerupai belalai gajah, hal tersebut dapat membuat burung mengalami susah untuk menyisil makanannya dan tidak enak untuk dilihat pastinya. Burung LB yang mengalami paruh gajah dapat menurunkan harga jualnya karena itu dapat dikatakan sebagai cacat pada burung

Penyebab Paruh Gajah Pada Lovebird
Paruh gajah pada anakan burung lovebird terjadi karena burung kurang mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Ada juga yang berpendapat kalau paruh gajah yang terjadi pada anakan disebabkan oleh asupan gizi yang terlalu tinggi sehingga berpengaruh pada pertumbuhan terlalu cepat, kasus ini terjadi karena anakan yang diloloh oleh manusia dengan campuran makan yang berlebih.

Perhatikan campuran pakan yang anda berikan pada anakan LB jangan terlalu berlebih terutama jika anda memberikan campuran voer ayam untuk meloloh baby LB karena banyak kejadian memberikan campuran voer ayam yang berlebih membuat anakan LB mempunyai paruh gajah.

Burung lovebird dewasa juga dapat mengalami paruh gajah karena tidak tersedianya media yang berstektur keras untuk mengasah ujung paruh burung seperti batu bata atau tangkringan yang cukup keras.

Agar Lovebird Tidak Mengalami Paruh Gajah
  • Untuk indukan yang masih meloloh anakan, usahakan mendapatkan makanan yang bergizi seperti jagung muda dan berikan tulang sotong sebagai tambahan kalsium.
  • Untuk anakan yang diloloh manusia usahakan jangan memberikan campuran pakan tanpa mengetahui takaran gizi nya. Meloloh piyikan lovebird juga jangan terlalu sering, cukup 3 jam sekali saja.
  • Menghindari paruh gajah pada lovebird dewasa dengan cara memberikan asinan berupa batu bata merah atau kulit kerang. Memberikan tangkringan yang keras juga berfungsi sebagai alat untuk mengasah ujung paruh burung lovebird
Jika burung lovebird anda sudah terlanjur mengalami paruh gajah, maka langkah yang harus diambil untuk menghilangkan paruh yang terlalu panjang tersebut adalah dengan memotong atau mengikirnya. 

Cara yang tepat untuk memotong atau mengikir parung gajah pada lovebird, silahkan kunjungi website omkicau DISINI.

2 Responses to "Cegah dan Atasi Paruh Gajah Pada Lovebird"

  1. keren om blognya, wajar klo bisa dapat GA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas.. sempat beberapa kali ditolak GA sampai akhirnya diterima juga jadi kalau masih sering ditolak jangan putus asa, perbaiki apa yang kurang dan ikuti instruksi dari google adsense.

      Delete

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel