Bedakan Ciblek Sawah Jantan dan Betina

Loading...
Cara membedakan jantan dan betina Cici PadiCiblek Sawah (Ciwah) memiliki peminat yang gak kalah dengan burung Ciblek Kebun dan Ciblek Gunung. Burung ini hanya dijadikan burung master saja karena suaranya yang nembak nge klik panjang yang cocok untuk masteran burung pleci dan burung lainnya. Burung ini bersarang di batang tanaman padi dan juga pada daun tebu, untuk membedakan jenis kelamin burung ciblek sawah ini memang sediki agak susah kalau dapatnya masih anakan/ trotolan karena ciri fisik jantan dan betina hampir sama.

Burung Prenjak Pari ini mempunyai suara yang khas yaitu klik klik klik klik krek krek kreek kreekkk yang dapat dimanfaatkan untuk memaster burung lain. Untuk jantan kalau tidak salah mempunyai 3 variasi suara yaitu Klik klik klik.. Krek krek kreekk dan Ngebrem tetapi untuk betina hanya ngekrek saja Krek krek krek krekk..

Bedakan jantan dan betina burung cici padi ini mudah kalau kita dapatnya dari dewasa / tangkapan liar karena sudah ada ciri fisik untuk membedakan jantan atau betinanyaa, untuk lebih rincinya silahkan dibaca beberapa perbedaan fisik burung tersebut.

  • Pilihlah bakalan burung ciblek sawah yang paruhnya berwarna hitam di bagian ujungnya, karena burung ini paruhnya dominan berwarna putih kecuali bagian ujung paruh sebagai penanda itu adalah burung berkelamin jantan.
  • Pilihlah bodi burung yang panjang dan lebih besar diantara gerombolan ciblek sawah
  • Amati juga ekor yang panjang dan bersusun, yang menandakan keserasian dan kegagahan se ekor burung ciblek pari.
  • Amati dalam waktu yang lama dan pastikan burung yang anda pilih memiliki gairah hidup yang tinggi ditandai dengan rajin makan dan berkicau walaupun masih jarang.
Itulah beberapa ciri-ciri dari ciblek sawah jantan, yang paling pasti lihatlah ujung paruh bagian bawah yang berwarna hitam dan juga ekor yang panjang dan bersusun rapi karena itulah ciri ciblek jantan.
Loading...

5 Responses to "Bedakan Ciblek Sawah Jantan dan Betina"

  1. prenjak sawah adalah burung endemi asli indonesia yg populasinya masih banyak dan mudah ditemukan,fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem karena dapat membantu petani mengurangi hama tanaman yg berupa belalang dan ulat padi karena makanan pokok burung ini adalah serangga dan ulat.
    suaranya akan membuat suasana di rumah anda akan serasa di alam bebas

    ReplyDelete
  2. prenjak sawah adalah burung endemi asli indonesia yg populasinya masih banyak dan mudah ditemukan,fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem karena dapat membantu petani mengurangi hama tanaman yg berupa belalang dan ulat padi karena makanan pokok burung ini adalah serangga dan ulat.
    suaranya akan membuat suasana di rumah anda akan serasa di alam bebas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om.. suara khas klik klik klik dan krek krek krek bisa juga digunakan untuk memaster burung lain.. :)

      Delete
  3. Saya baru beli cisaw...
    Buntutnya bondol.
    Tapi di perhatiin makannya lahap...
    Dan postur badan lebih gede dari cisem.
    Dan paruh bawah hitam.
    Apakah itu jantan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau burungnya mau berkicau klik klik klik dan tidak hanya krek krek dapat dipastikan jantan..
      agar burung anda cepat makan voor coba berikan voor lembut yang sudah dicampur dengan kroto atau kalau tidak ada kroto bisa juga voor dicampur dengan ulat hongkong yang dipotong2 kecil.

      Delete

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel