Bedakan Trotolan Cucak Ijo Kuningan Jantan Betina

Perbedaan Jantan dan Betina Cucak hijau
Banyak sekali yang bertanya cara membedakan jantan betina anakan cucak ijo, jika pilihannya ada banyak sih kemungkinan kita masih bisa memilih dan membedakan antara yang lainnya.. La kalau pilihannya hanya satu ya kita memang harus punya ilmu untuk membedakannya.. heheee. . . .

Banyak pedagang menawarkan cucak ijo asal Banyuwangi tetapi apakah itu memang asli dari daerah Banyuwangi? Baca dulu artikel kami tentang Ciri Asli Cucak Ijo Banyuwangi.

Cucak ijo jantan banyak dipilih karena volume serta variasi suara yang lebih banyak dibandingkan cucak ijo betina tetapi terkadang ada yang belum bisa untuk membedakan jantan dan betina cucak ijo saat trotolan karena tampilannya yang sangat mirip. 

Perbedaan cucak hijau jantan atau betina dari paruh
Banyak yang menyebutkan lingkar mata yang kuning tegas merupakan trotolan jantan tetapi saya lihat-lihat semua kok kuning tegas lingkar matanya.. hahaaaaa  Paruh bawah berwarna gelap merupakan trotolan jantan.. Benar gak sih? wah memang susah sekali untuk membedakan jantan dan betinanya harus beli yang sudah keluar trotol hitamnya dah biar gak stress mikir jantan tau betina cak ijo yang dipelihara.. heheheee. . .

Saya berikan referensi dari berbagai sumber untuk membedakan jantan dan betina trotolan cucak ijo Kuningan.. Monggo disimak. . . 
  • Ada yang menyebutkan trotolan cucak hijau jantan memiliki lingkar mata kuning tegas, sedangkan betina berwarna putih 
  • Ada juga yang berpendapat paruh bawah trotolan cucak hijau jantan berwarna coklat gelap, sedangkan betina berwarna putih bersih
  • Paruh bawah cucak ijo jantan anakan berwarna kemerah-merahan, sedangkan cucak ijo betina anakan berwarna putih/ coklat paralon.
  • Dilihat dari tulang supitnya, kalau jantan keras dan kalau betina jika dipegang lentur dan bergeser sedikit kekanan atau kekiri
  • Jika kaki sudah nyisik dan belum ada trotol hitamnya sudah dipastikan itu betina
  • Pupil mata hitam jernih katanya jantan sedangkan coklat betina
  • Warna bulu kuning dibagian leher melebar sampai leher kanan kiri walaupun tidak banyak, itu nanti yang akan menjadi garis topeng nantinya.
  • Warna rongga mulut bagian dalam berwarna merah hati dan tidak pucat
ciri-ciri paruh cucak ijo anakan jantan dan betina

Perlu diperhatikan saat memilih cucak ijo anakan anda harus memperhatikan warna kaki atau sisik kaki burung tersebut karena itu bisa dibuat patokan bahwa burung tersebut benar-benar masih muda atau sudah tua, jika kaki masih basah dan belum nyisik maka dapat dipastikan burung masih muda dan ada kemungkinan memang burung jantan yang belum keluar trotolnya, tetapi jika kaki sudah kering dan nyisik dapat dipastika itu adalah cucak ijo betina.

Jika benar sudah mendapatkan anakan cucak ijo jantan maka proses selanjutnya adalah merawat dan memaster burung tersebut. Untuk itu baca artikel kami tentang Cara Memaster Cucak Ijo Bakalan Cepat Masuk pada artikel kami.

Sementara itu dulu ya cara bedakan trotolan jantan betina cucak ijo, nanti kalau ada yang lebih detail pasti di update lagi. Baca Artikel sebelumnya tentang rawatan cucak hijau cepat gacor ngentrok.

0 Response to "Bedakan Trotolan Cucak Ijo Kuningan Jantan Betina"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel