Manfaat dan Cara Pemberian Krokot Untuk Lovebird Lebih Aktif Ngekek

Burung lovebird memang masih menjadi primadona bagi para kicaumania, terbukti pada setiap lomba yang diadakan pada kelas lovebird selalu full gantangan. Menariknya pada penilaian lomba burung lovebird yang paling banyak mendapatkan bendera atau burung LB yang rajin bunyilah yang mendapatkan juara jadi intinya makin sering bunyi/ ngekek, makin bagus pula nilainya, yang kemudian digabungkan dengan penilaian dari segi irama, lagu, panjang lagu, volume, speed, gaya, dan durasi kerja.

Maka dari itu para pecinta lovebird sekarang lebih senang jika burung yang dirawatnya rajin ngekek walaupun pendek karena terkadang LB yang ngekeknya panjang hanya ngekek sekali duakali saja dan selebihnya hanya diam dipangkringan. Lovebird yang rajin ngekek akan sering dipantau juri dan diberikan bendera, semakin banyak bendera maka nilainya juga semakin bagus.

tumbuhan krokot yang berfungsi agar burung lovebird lebih rajin ngekek panjang
Tanaman Krokot Liar
Lalu bagaimana agar burung lovebird lebih rajin berkicau/ ngekek? jawabannya tentunya dari faktor perawatan yang konsisten dan latihan gantang agar burung tidak demam panggung. 

Beberapa waktu lalu saya membaca tentang cara membuat lovebird menjadi rajin ngekek panjang dengan menggunakan tanaman krokot! Lalu saya mencoba sendiri pada burung LB dirumah dan hasilnya cukup menyenangkan, memang LB lebih aktif ngekek walaupun ngekeknya masih terbilang pendek2 tetapi ada peningkatan dibandingkan sebelum memakan tanaman krokot ini.

Baca juga : Ciri-ciri daun krokot yang bagus untuk Lovebird
Dulu saya memakai tanaman krokot untuk makanan jangkrik lalu jangkriknya untuk makanan burung kicau lain seperti kacer dan cendet, hasilnya burung cendet dan kacer lebih rajin bunyi jadi apakah memang benar tanaman krokot ini dapat membuat burung lebih rajin bunyi? mari kita simak beberapa kandungan yang terdapat dalam tanaman krokot liar ini.

Kandungan gizi daun krokot di copas dari website Burungnya.com
Daun krokot kaya akan Omega-3. Selain itu, dalam 100 gram daun krokot segar terkandung sedikitnya 225-300 mg asam linolenat. Secangkir daun krokot yang sudah direbus mengandung 90 mg kalsium, 560 mg kalium, 2000 IU vitamin A, berbagai jenis asam amino yang baik untuk kesehatan, serta aneka jenis mineral.

Tanaman krokot memiliki kandungan kimia antara lain: KCI, KSO4, KNO3, nicotinic acid, tanin, saponin, vitamin A, B, C, I-noadrenalin, noradrenalin, dopamin, dan dopa. Krokot juga merupakan sumber beberapa vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niacin, pydoxine, dan karotenoid.

Tak hanya itu, krokot juga mengandung mineral, di antaranya besi, magnesium, kalsium, kalium, dan mangan. Selain itu, krokot mengandung dua jenis pigmen betalain alkaloid dan beta-xanthins. Kedua jenis pigmen ini ampuh untuk antioksidan dengan khasiat anti-mutagenik.

Beberapa manfaat tanaman krokot untuk burung lovebird
  1. Mendongkrak power dan setamina 
  2. Dipercaya mampu menambah suara lebih keras dan jernih
  3. Menambah durasi kekekan tentunya dengan rawatan yang konsisten
  4. Rajin ngekek dan ngedurrr
  5. Dapat di beri sebagai selingan EF atau minimal 3x seminggu
Ya itulah beberapa manfaat dari tanaman krokot untuk burung lovebird, perlu anda ingat cuci dahulu krokot yang akan anda berikan pada burung LB anda karena terkadang krokot yang tumbuh disawah sudah terkena pestisida atau racun yang digunakan petani untuk membunuh hama dan rumput liar.

Oiya, hampir lupa tentang cara pemberian daun krokot pada lovebird!!! pemberiannya sangat mudah cukup cuci bersih lalu berikan langsung pada burungnya, seperti anda memberikan kangkung jadi hanya di selipkan pada ruji sangkar saja. Krokot bisa diberikan setiap hari tetapi lebih baiknya juga diselang seling dengan EF lainnya seperti jagung dan kangkung.

Bagaimana, apakah anda tertarik menggunakan daun krokot untuk lovebird agar lebih rajin ngekek? untuk menguji kasiatnya silahkan berikan pada burung yang malas bunyi dan bedakan sebelum dan sesudah diberikan tanaman krokot.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon