Terapi MKMK dan Sayur Rica-Rica Agar Lovebird Rajin Ngekek Panjang

Terapi mandi kering dan mandi lagi setelah kering atau sering disebut sebagai MKMK adalah salah satu cara untuk membuat burung lovebird semakin rajin berkicau dan mempunyai nafas yang panjang untuk membawakan suara ngekeknya. Terapi MKMK ini menjadi populer pada suatu forum di Facebook karena sudah ada banyak bukti yang telah dilampirkan oleh penemu terapi ini yaitu saudara Rudy Hartono yang sangat aktif memberikan penjelasan dan menjawab setiap pertanyaan tentang terapi mandi kering mandi kering ini.

Menurut penjelasan beliau terapi MKMK ini sangat efektif dilakukan pada saat pagi hari maksimal sampai jam 10 siang saja, kenapa demikian karena pada waktu tersebut sinar matahari masih memancarkan sinar yang hangat yang baik untuk kesehatan burung.

terapi MKMK agar lovebird birahi dan ngekek panjang
Foto nemu di Facebook, mbaknya cantik ya.. :D
Selain MKMK agar burung menjadi lebih rajin ngekek yaitu dengan pemberian rica-rica sayuran yang bertujuan untuk meningkatkan birahi dan menjaga asupan gizi untuk burung tersebut karena pada sayuran sudah jelas banyak sekali nutrisi yang diperlukan untuk burung agar menjadi lebih sehat yang akan membuat burung lebih rajin berkicau. Beberapa sayuran yang digunakan adalah bayam, kangkung, wortel, jagung, brokoli, kubis, bunga kol dan bisa juga pakai krokot.

Untuk cara melakukan terapi MKMK dan rica-rica sayuran akan kita bahas lebih rinci agar anda tidak salah untuk melakukannya dan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang diharapkan yaitu menjadikan burung lovebird mempunyai nafas panjang dan rajin ngekek.

Jadi yang dimaksud MKMK itu adalah memandikan burung dari jam 7 pagi lalu setelah kering dimandikan lagi begitu seterusnya sampai jam 10 pagi, berikut penerapannya untuk hariannya..

Jam 7 mandi lalu jemur
Mandi basah lagi jemur lagi
Mandi basah lagi jemur lagi
Mandi basah lagi jemur lagi
#Masa terapi tanpa pakan dan minum dan tidak boleh lewat dari jam 10 pagi.

Setelah melakukan MKMK beberapa kali dan pastinya sampai jam 10 baru boleh diberikan pakan milet seperti biasanya dan setelah beberapa saat baru diberikan minuman.

Baca juga : Ketahui settingan lomba lovebird tipe basah atau kering
Burung lovebird diangin-anginkan dan diberikan sayuran rica-rica yaitu campuran dari beberapa jenis sayuran seperti bayam, kangkung, wortel, jagung, brokoli, kubis, bunga kol dan bisa juga pakai krokot. Semua jenis sayuran tersebut diiris/ cincang halus dan dicampur lalu berikan pada burung lovebird anda

Setelah burung dijemur dan diberikan sayuran rica-rica untuk hariannya burung diablak sampai sore hari dan buang sisa sayuran yang ada pada wadah pakan, biarkan yang tersisa hanya milet putih saja. Malam hari jam 8 burung bisa disemprot embun lalu dikerodong sampai besok pagi.

Terapi MKMK ini sangat cocok untuk burung yang kurang gacor dan memiliki nafas pendek atau ngekek pendek. Dengan melakukan settingan ini selama seminggu diharapkan burung anda sudah ada perubahan yaitu menjadi lebih aktif ngekek dan durasinya semakin panjang. Jika dirasa burung sudah dalam tingkat top perform atau sudah pada titik kegacorannya terapi MKMK ini bisa dilakukan seminggu sekali saja dan pemberian pakan rica rica sayuran cukup 2 kali seminggu

Baca juga : Cara ketahui tingkah karakter lovebird saat digantangan
Ya, itulah penjelasan tentang terapi MKMK dan pakan rica-rica sayuran yang bermanfaat untuk menjadikan lovebird rajin ngekek panjang. Semoga burung anda menjadi burung juara seperti yang diharapkan. Terimakasih.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon