Cara sembuhkan snot pada lovebird, Cara Alami dan Menggunakan Obat

Burung lovebird rentan sekali dengan sakit mata, bermula dari mata yang berair lalu mulai bengkak dan berselaput putih. Penyakit snot pada lovebird dapat disembuhkan tetapi anda harus telaten dan konsisten dalam perawatannya.

Jika anda mengetahui burung anda mengalami gejala senot seperti mata burung berair atau matanya sering ditutup sebelah serta sering menggosokkan bagian mata pada tangkringan maka langsung berikan perawatan kusus pada burung tersebut dan tempatkan terpisah dari burung lain karena penyakit snot ini dapat menular.

Ibarat manusia yang sedang belekan burung ini juga merasakan cenut-cenut pada kedua matanya yang mengakibatkan burung lebih banyak diam, bila tidak segera diobati maka dapat dipastikan burung akan mati.

Obat snot untuk Lovebird
Lovebird terkena penyakit snot
Sebelum kita membahas tentang obat alami untuk lovebird snot sebaiknya ketahui dahulu apa yang menyebabkan penyakit mata pada burung tersebut. Beberapa hal yang dapat menyebabkan mata lovebird berair dan ujung-ujungnya snot adalah sebagai berikut :
  • Asap dapur atau pembakaran sampah yang berembus menembus ke dalam sangkar / kandang, dan mengenai mata burung.
  • Pemilik atau perawat sering merokok di dekat sangkar / kandang, sehingga asapnya masuk ke dalam sangkar / kandang.
  • Kotoran burung/ amonia yang menumpuk serta udara yang lembab mengakibatkan mata berair dan berujung snot.
  • Kebersihan di dekat sangkar / kandang kurang terjaga, sehingga debu, pasir, serbuk, dan benda halus sejenisnya mudah diterbangkan angin hingga masuk ke sangkar / kandang.
  • Di sekitar sangkar / kandang terdapat benda-benda yang memiliki efek pantul dan kebetulan sering menerpa mata burung. Coba cek apakah ada pantulan cahaya dari kaca atau seng di sekitar sangkar / kandang.
  • Setelah dijemur burung langsung dikerodong juga dapat menyebabkan penyakit mata pada burung.
  • Gigitan serangga seperti semut dapat mengakibatkan mata bengkak.
Baiklah, setelah mengetahui gejala dan penyebab snot sekarang kita akan bahas tentang cara merawat lovebird yang mengalami sakit radang mata ini. 
  • Tempatkan burung ditempat yang tenang dan jauhkan dari burung lain agar tidak menular.
  • Pastikan kebersihan sangkar
  • Pastikan burung mendapatkan udara segar untuk mempercepat penyembuhan
  • Burung tetap dimandikan setiap pagi hari dengan air daun sirih
  • Burung tetap dijemur tapi jangan lama, 15 menit saya rasa cukup untuk menghangatkan tubuh
  • Setelah dijemur diangin-anginkan dan dikrodong dengan krodong yang tipis saja agar udara segar dapat masuk dan tidak pengap.
  • Berikan vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh, contoh Eb*d Vit dan Sup*r N untuk mengobati pernafasan.
Obat alami untuk sembuhkan snot lovebird biasanya saya menggunakan Daun Sirih Merah dan juga Bunga Kitolot, untuk penggunaannya adalah sebagai berikut :
  • Daun Sirih Merah, daun sirih merah ini berbeda dengan daun sirih pada biasanya, ruas pada daun sirih ini berwarna merah dan bila diteteskan pada mata rasanya lebih perih daripada daun sirih hijau biasanya. Untuk pengobatannya berikan 7 lembar daun sirih diremas2 dan dicampur dengan air 1 liter, air ini digunakan untuk memandikan burung agar bakteri yang menempel pada burung cepat mati. Daun sirih merah ini juga sudah terbukti khasiatnya sebagai bahan antiseptik yang dapat membunuh bakteri kuman penyakit.
  • Daun Sirih Merah untuk tetes mata burung, untuk membuat tetes mata ini siapkan 3 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci bersih kemudian diremas sampai halus, remasan halus ini jika dipencet akan keluar air yang licin, air itulah yang digunakan untuk obat tetes mata, agar lovebird cepat sembuh teteskan 3 x 1 hari.
  • Bunga Kitolot, sudah tidak diragukan lagi kasiat bunga kitolot untuk pengobatan mata, mata snot dan katarak pun perlahan sembuh dengan bunga ini. Cara pembuatannya seperti daun sirih tadi bunga cukup dicuci dan diteteskan langsung pada mata burung. Karena rasanya pedih mungkin burung akan mengeluarkan air mata lebih banyak, air mata inilah yang akan membuang kotoran yang ada didalam mata. Jika tidak menemukan daun kitolot disekitar anda sekarang banyak dijual dikios burung obat tetes mata yang terbuat dari daun kitolot.
Banyak yang beranggapan bahwa snot terjadi karena burung mengalami masalah pernafasan, itu memang betul maka dari itu sudah dijelaskan diatas agar burung selalu mendapat udara segar dan memberikan multi vitamin untuk menjaga kekebalan tubuhnya.

Obat tetes mata yang sering saya gunakan untuk menyembuhkan snot pada lovebird dirumah adalah C*ndo X*trol, kenapa saya memilih obat itu karena saya sudah menggunakan pada mata saya sendiri dan hasilnya lebih cepat sembuh daripada obat tetes mata lainnya. Sebelum menggunakan obat tetes mata tersebut sebaiknya mata/ sekitar mata burung dikompres dan dibersihkan dengan air hangat setelah itu baru teteskan 3 tetes saja obat tersebut pada mata burung.

Oiya!, jangan lupa berdoa sebelum melakukan pengobatan, anda harus yakin bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya.

Lakukan perawatan diatas secara rutin, jika anda memilih menggunakan bahan alami seperti daun sirih dan bunga kitolot maka lakukan itu saja, jangan dicampur dengan obat tetes mata tadi. Jika kamu memilih dengan obat tetes mata untuk sembuhkan snot lovebird maka daun sirih dapat digunakan untuk memandikan burung saja.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon