Cara atasi lovebird galak suka menggigit

Burung lovebird galak biasanya suka menghampiri pemiliknya sambil membuka mulutnya seperti mau menggigit, kebiasaan ini sering terjadi pada lovebird muda/ anakan yang terbiasa diloloh oleh tangan manusia. Perilaku galak ini sering terjadi saat kita mengangkat sangkar ataupun membuka pintu sangkar, burung lovebird akan merayap mengejar tangan kita seperti mau menyerang.

Jika tiba-tiba burung lovebird menjadi galak mungkin karena burung tersebut sedang over birahi maka dari itu burung akan malas bunyi dan galak, penjemuran yang terlalu lama juga dapat membuat burung ini menjadi lebih galak.

Kalau anda merawat burung lovebird untuk tujuan memaster burung lain pasti akan menghambat proses tersebut jika burung terlalu galak dan tidak mau ngekek, apalagi untuk anda yang merawat LB untuk tujuan lomba burung galak akan cenderung banyak gerak merayap daripada ngekek digantangan.

Burung lovebird galak suka menggigit tangan karena overbirahi
Lovebird Galak Suka Gigit Jari Tangan

Beberapa penyebab lovebird galak pada pemiliknya antara lain :

Lovebird terlalu jinak
Burung yang dirawat dari lolohan cenderung jinak dan sering mengikuti pergerakan tangan pemilik saat membuka pintu sangkar, terkadang kita takut karena burung ini mengejar tangan kita seperti mau menggigit.

Burung sedang birahi tinggi
Over birahi sering terjadi karena burung terlalu mendapatkan asupan makanan berlebih seperti pemberian jagung dan biji bunga matahari. Baca : cara turunkan birahi lovebird dengan cepat

Sering Digoda dengan tangan
Menggoda burung dengan cara mengarahkan tangan kita pada burung sampai burung mengejar mengitari sangkar, menggoda burung lovebird memang menggemaskan tetapi akibatnya burung akan lebih agresif dan selalu mengikuti arah pergerakan tangan kita.

Burung sedang sakit
Lovebird yang mengembungkan bulunya dan galak biasanya burung sedang dalam kondisi kurang sehat sehingga tidak ingin diganggu oleh manusia.

Burung sedang kelaparan
Jika pakan pada wadah sudah habis burung akan kelihatan gelisah dan mencoba mengejar kita seperti ingin memberitahukan kalau pakan atau minumnya sudah habis.

Untuk lovebird galak dan malas bunyi lakukan perawatan berikut :
  1. Untuk mengurangi perilaku agresifnya, mandikan burung lebih sering daripada biasanya, namun sambil tetap memperhatikan kondisi cuaca.
  2. Setelah dimandikan, jemur burung dengan durasi 30 – 60 menit saja. Penjemuran bisa menggunakan kandang umbaran, bisa juga dalam sangkar hariannya. Setelah itu, pindahkan sangkarnya ke tempat yang teduh.
  3. Pakan utama yang diberikan cukup milet putih. Pakan tambahan seperti jagung dan kangkung bisa diberikan beberapa kali dalam seminggu.
  4. Sore harinya, setelah dimandikan dan diangin-anginkan, sangkar dikerodong dan burung dibiarkan istirahat.
  5. Jika diperlukan, pada malam harinya burung bisa menjalani terapi mandi malam, tapi harus memperhatikan kondisi suhu dan cuaca saat itu.
  6. Untuk burung yang galak dan malas bunyi akibat stres lantaran terlalu lama sendirian, maka obat yang paling mujarab adalah menyediakan teman atau pasangan. Gantungkan saja kedua sangkarnya berdampingan pada malam hari, dan saling berjauhan pada pagi hingga siang harinya, agar burung kembali gacor seperti semula.
  7. Jika Anda belum memiliki dana untuk membeli lovebird sebagai teman / pasangannya, sediakan saja mainan dalam sangkarnya.
Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi galak pada lovebird, agar tangan kita tidak digigit burung lovebird karena burung terlalu galak maka anda dapat melakukan trik mengecoh burung tersebut, jadi tangan satunya diarahkan ke atas dan tangan satunya masuk sangkar untuk mengambil cepuk makannya.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon