Tips memilih ciblek dan prenjak ombyokan prospek lomba, suara kencang dan rapat

Burung prenjak dan ciblek masih menjadi burung masteran favorit bagi para kicaumania, tak jarang para kicau mania membeli ciblek bakalan atau ciblek muda hutan yang memiliki harga lebih murah daripada ciblek anakan. Selain harganya lebih murah kita bisa memilih burung mana yang kelihatannya prospek memiliki suara yang rapat dan keras untuk dijadikan burung masteran ataupun lapangan.

Ciblek jantan prospek lomba
Ciblek Kebun Jantan
Jenis burung ciblek yang umum dijual dipasar adalah ciblek kebun/ kali dengan suara nembak ngebrem, ciblek gunung/alas dengan suara nratak, ciblek sawah/ cici padi dengan suara klik klik yang panjang. Ketiga jenis ciblek tersebut bagus untuk dijadikan suara masteran karena suaranya yang rapat dan mudah ditirukan oleh burung ocehan lain. Sedangkan djnis prenjak yang biasa dijual dipasar ada 2 yaitu prenjak kebun/tamu/kepala merah dan prenjak lumut.

Memilih burung ciblek dalam kandang ombyokan harus jeli karena tidak jarang banyak burung ombyokan yang mengalami stress berat dan juga sakit, beberapa tips untuk memilih ciblek yang prospek untuk masteran ataupun lomba sebagai berikut.
  • Pastikan burung yang dipilih jantan, cara membedakan jantan dan betina ciblek dewasa dapat dilihat dari warna paruh bawahnya. Untuk ciblek jantan paruh bawah berwarna hitam pekat sedangkan betina putih.
  • Pastikan burung dalam keadaan sehat, burung sehat dapat dilihat dari tingkah lakunya sebagai contoh burung masih aktif melompat, burung mencengkram pangkringan dengan rapat dan burung masih mau makan ulat.
  • Pilih burung berdasarkan katuranggan, ciri-ciri fisik ciblek yang memiliki suara rapat dan kencang dapat dilihat dari bentuk paruhnya yang panjang dan tebal, kepala besar kotak serta leher panjang.
  • Pilih burung yang tidak cacat, perhatikan dengan teliti apakah ada luka ataupun cacat fisik pada burung contohnya jari kaki putus atau sayap yang tidak bisa menggepit rapat.
  • Pilih ciblek muda, burung muda lebih cepat untuk berkicau. Untuk memilih ciblek jantan yang masih muda perhatikan warna paruh bawahnya apakah warnanya masih separo yang hitam atau sudah full hitam pekat, perhatikan juga warna bola mata ciblek tua memiliki warna mata yang merah sedangkan yang muda masih kuning cerah, kaki kering bersisik juga menandakan kalau ciblek sudah tua.
  • Pilih yang mempunyai mental bagus, ciblek yang mempunyai mental bagus akan melompat dengan tenang saat dikandang ombyokan, burung tidak ngruji dan berani melawan ciblek jantan lain.
  • Pilih yang berani berkicau, pada dasarnya burung ciblek merupakan burung teritorial maka tidak jarang ada burung yang berani tarung/ mengeluarkan suara tembakan walaupun dalam kandang ombyokan karena ada burung sejenis.
Jika sudah menentuka pilihan sesuai dengan ciri-ciri diatas maka langsung semprot dengan air agar pilihan kita tidak tertukar dengan burung ombyokan yang lain. Rawatan harian agar ciblek cepat gacor nembak ngebrem silahkan baca pada artikel sebelumnya DISINI.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon