Penyebab dan Cara Atasi Cucak Ijo Sering Melet Saat Diadu

Burung cucak ijo sering melet atau menjulurkan lidah terjadi kalau birahi burung tidak stabil, terlebih kalau burung sedang mengalami birahi yang tinggi maka dapat dipastikan burung akan sering melet seperti kepanasan padahal tidak sedang dijemur. Selain sering melet melet burung cucak ijo yang sedang over birahi juga mengeluarkan suara krek krek krek jika sedang didekati/ digoda tangan.

Penyebab cucak hijau sering melet
Perilaku melet pada cucak ijo sering disebabkan oleh pemberian EF berlebihan yang mengakibatkan over birahi, contohnya seperti pemberian ulat hongkong ataupun jangkrik. Melet juga terjadi karena burung jarang dimandikan maka anda harus mengetahui karakter burung anda apakah pemberian pakan ataupun cara mandi jemur sudah sesuai dengan kemauan burung tersebut atau belum.

Cucak Ijo melet sering juga terjadi setelah lomba akibat tingginya setelan/ pemberian EF yang Anda berikan. Untuk itu, untuk meminimalisir masalah ini, sebaiknya Cucak Ijo segera dimandikan setelah selesai lomba serta mengembalikan setingan seperti semula. Hal ini bertujuan untuk menurunkan dan mengembalikan birahi Cucak Ijo pada level yang semestinya. Jika tidak, Cucak Ijo berpotensi mengalami melet.

Cara mengatasi cucak ijo melet
Karena kita sudah mengetahui kenapa cucak hijau suka melet maka langkah selanjutnya adalah cara mengatasi kebiasaan meletnya itu, cara terbaik untuk menurunkan birahi Cucak Ijo adalah dengan memberikan buah pepaya. Buah ini tergolong sangat manjur dalam menurunkan birahi Cucak Ijo. Untuk itu, jika anda sering memberikan buah pisang untuk setelan hariannya maka gantilah buah tersebut dengan buah pepaya sampai kebiasaan melet hilang.

Selama Anda memberikan pepaya, sebaiknya setelan harian sedikit dikurangi, jika anda sering memberikan ulat hongkong sebagai tambahan EF maka hentikan dulu, jika anda sering memberikan jangkrik 5 ekor pagi dan sore hari maka berikan saja 3 ekor pagi dan sore hari. Namun untuk mandi, anda bisa menambahkan jam mandi untuk meredamkan birahi yang berlebih.  Selain itu, jangan sampai Cucak Ijo Anda mendengar suara burung sejenis. Sebab, suara burung sejenis sangat berisiko dalam menaikkan birahi cucak ijo anda.

Jika burung anda masih mengalami melet setelah melakukan tips diatas maka anda perlu membaca artikel kami sebelumnya tentang Cara Paling Cepat Turunkan Birahi Cucak Ijo tetapi kalau kebiasaan melet sudah hilang itu berarti burung sudah tidak mengalami over birahi maka anda perlu mencari setingan yang pas agar cucak ijo tidak mengalami melet lagi.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon