Hilangkan kebiasaan cabut/ ciak bulu pada Lovebird Setelah Mandi Semprot

Burung lovebird suka cabut bulu setelah dimandikan tidak hanya dialami oleh burung dewasa tetapi LB Paud juga dapat mengalami ciak bulu, karena mungkin pemberian pakan tambahan yang berlebih sehingga burung mengalami over birahi dan sebagai pelampiasan malah mencabuti bulu disekitar dada.

Cabut bulu dapat dialami Lovebird jantan dan betina, jika burung anda mulai mencabuti bulu dadanya sendiri maka segera koreksi kenapa bisa mengalami hal tersebut, apakah karena setelah mandi semprot atau setelah makan sesuatu? Jika penyebab dari cabut bulu sudah diketahui maka akan lebih gampang dalam cara merawat lovebird nyabutin bulu. Berikut beberapa penyebab Lovebird mengalami ciak bulu.

Lovebird lutino cabut bulu dada setelah mandi semprot
Atasi Lovebird Cabut Bulu Dada
Lovebird cabut bulu setelah mandi semprot, Burung LB yang mengalami hal demikian berarti penanganannya adalah dengan cara memandikan burung dengan menggunakan cepuk mandi dan biarkan burung mandi dengan sendirinya. Burung yang mandi dengan keramba/ cepuk mandi sendiri lebih merasa rileks, jika burung tidak mau mandi sendiri jangan dipaksa karena mungkin burung sedang mengalami sakit atau merasa masih belum butuh mandi.

Lovebird ciak bulu karena Over Birahi, selain gesek pangkringan dan mbebeki salah satu perilaku LB yaitu mencabuti bulu dadanya, kenapa demikian karena birahi yang tidak tersalurkan dan untuk mengobati cabut bulu ini harus mencarikan pasangan untuk LB tersebut dan berikan pakan hanya milet putih saja.

Lovebird cabut bulu karena stress, Stress pada lovebird bisa dikarenakan lingkungan yang tidak terlalu disukai oleh burung tersebut, mendapat perlakuan yang kasar dari sang pemiliknya, terlalu lama menyendiri tidak ada teman sejenis atau pasangan. Apabila anda menjumpai lovebird yang seperti ini sebaiknya tempatkan si paruh bengkok di tempat yang tenang untuk sementara jauhkan dahulu dari tempat keramaian, perlakukan lovebird kesayangan anda dengan lembut, kalau terlalu lama sendiri coba carikan pasangan.

LB cabut bulu karena kurang gizi, untuk mengatasi lovebird yang kekurangan gizi anda bisa menambahkan ekstra fooding seperti tulang sotong, jagung muda serta berikan setiap hari multivitamin yang bisa dicampurkan dengan air minumnya atau multivitamin yang langsung diminumkan. Kekurangan gizi dapat dilihat dari keadaan burung yang cenderung hanya diam dan tubuhnya kurus.

Iritasi kulit, Iritasi pada kulit burung dapat menyebabkan rasa gatal berlebihan di sekitar bulu. Kondisi tersebut akan membuat lovebird melakukan apa saja yang bisa membuatnya lebih nyaman, mulai dari menggigit, menarik, hingga mencabuti bulu-bulunya sendiri. Biasanya iritasi kulit disebabkan infeksi parasit (misalnya kutu dan tungau), serta bakteri dan jamur. Iritasi pada kulit juga bisa karena burung kerap terpapar asap. Sumber asap bisa berasal dari asap rokok, masakan, pembakaran sampah dan knalpot kendaraan bermotor. Pewangi ruangan yang mengandung alkohol pun bisa menyebabkan iritasi pada kulit burung. Iritasi akan membuat kulit terasa gatal, sehingga burung akan mengatasinya dengan cara menarik-narik atau mencabuti bulunya.

Burung mengalami kebosanan, sebagai burung sosial, lovebird memerlukan pasangan atau teman bermain dan bersosialisasi. Lovebird yang hidup sendiri kerap didera kebosanan. Hal ini bisa memicu perilaku menyakiti diri sendiri, seperti mencabut bulu. Untuk mengatasinya, dibutuhkan beberapa tindakan seperti memperkaya isi kandang dengan aneka mainan, atau menambah variasi pakan. Yang terbaik tentu saja memberinya teman bermain atau pasangan hidup.

Kandang sesak dan berisik, meski lovebird termasuk burung sosial dan hidup secara berkoloni, kandang yang terlalu sesak dapat memunculkan perilaku buruk tersebut. Selain itu, kondisi lingkungan sekitar yang terlalu ramai / berisik juga dapat menimbulkan kecemasan dan kegelisahan pada lovebird.  Akibatnya, burung akan menyakiti diri sendiri dengan cara mencabuti bulu-bulunya.

Lovebird cabut bulu karena mau bertelur, lovebird (terutama betina) juga kerap mencabuti bulu-bulunya menjelang bertelur. Hal ini bisa disebabkan ketiadaan atau minimnya bahan penyusun sarang, atau bisa juga karena induk kekurangan mineral kalsium (Ca) dan fosfor (P).

Jika dengan beberapa penanganan untuk menghilangkan cabut bulu tidak berhasil maka langkah yang dapat diambil adalah membuat penghalang agar burung tidak dapat mencabuti bulunya sendiri, penghalang ini dapat dibuat sendiri menggunakan plastik bekas botol air minum atau bisa menggunakan kertas kardus.

Alat untuk menghentikan Lb cabut bulu

Agar bulu dada yang sudah terlanjur botak cepat tumbuh lagi berikan lidah buaya pada kulit dada lovebird yang botak tadi, burung tidak usah dikerodong tidak usah dimandikan dan tidak usah dijemur yang penting disediakan pakan dan cepuk minum yang besar agar burung dapat mandi sendiri. menurut pengalaman saya dalam waktu 7 hari bulu baru mulai tumbuh.

Itulah beberapa penyebab dan cara menghilangkan kebiasaan cabut bulu pada lovebird, jika burung anda mengalami hal tersebut maka rawatlah dengan teliti dan sabar karena semua penyakit pasti ada obatnya jadi jangan sampai anda stress karena mempunyai burung yang mempunyai kebiasaan cabut bulu. Jika ada yang perlu ditambahkan dan ada pertanyaan mengenai masalah burung anda silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon