Daun Kemangi Untuk Turunkan Birahi Lovebird

Daun kemangi untuk menurunkan birahi lovebird, memang benar selain untuk lalapan daun kemangi juga berfungsi untuk menurunkan OB pada burung lovebird. Hal ini sudah banyak diketahui oleh para kicau mania tetapi untuk cara pembuatan dan pemberian pada burung kesayangan mungkin masih ada yang belum tau.

Manfaat daun kemangi untuk turunkan birahi burung Lovebird
Daun Kemangi untuk turunkan birahi burung
Sebelum kita bahas tentang cara membuat minuman daun kemangi sebagai penurun birahi LB sebaiknya anda ketahui dahulu penyebab over birahi burung LB anda, apakah karena pemberian EF berlebih atau karena memang benar-benar ingin kawin. Jika over birahi dikarenakan doping atau pemberian EF berlebih maka sebaiknya hentikan pemberian EF/ Doping dan berikan daun kemangi sebagai penurun birahi dan bila burung LB birahi minta kawin berarti memang waktunya mencarikan pasangan untuk burung tersebut.

Ciri-ciri LB over birahi
  • Burung gesek pangkringan
  • Mbebeki, membuka sayap sambil nungging
  • Sering merayap pada jeruji sangkar
  • Sering naik turun tangkringan
  • Burung sering dibawah sangkar
  • Galak
  • Cabut bulu dada
Cara pemberian daun kemangi untuk Lovebird Birahi Tinggi
Rendam daun kemangi pada wadah yang telah disiapkan dengan air panas, untuk perbandingan berikan 7 lembar daun kemangi untuk  1 cepuk air minum lovebird. Kemudian setelah air dingin berikan air tersebut sebagai minuman lovebird sebagai ramuan penurun birahi.

Daun kemangi tidak perlu direbus, cukup dibersihkan dan direndam pada air panas saja.

Baca juga : Terapi untuk turunkan birahi LB dengan cepat
Perlu diingat setelah birahi LB turun dan stabil hentikan pemberian minuman daun kemangi tersebut, mulai setting ulang burung untuk dilombakan kembali. Agar lovebird tidak mengalami over birahi sebaiknya pakan harian hanya diberikan milet putih saja dan pemberian EF berupa jagung muda ataupun kangkung dapat diberikan seminggu sekali.

Beberapa manfaat lain daun kemangi untuk burung anda, dikutip dari website Omkicau sebagai berikut :
  • Mengobati masuk angin, Sebagaimana manusia, burung juga bisa masuk angin. Gejalanya antara lain, burung sering mengembangkan bulu-bulunya, kurang aktif bergerak, dan kotorannya cenderung berair.
  • Membantu meningkatkan reproduksi, Daun kemangi mengandung zat cineole, eugenol, dan mycrene yang bisa meningkatkan fungsi organ-organ reproduksi burung. Hasilnya, burung yang diternak lebih siap untuk dibuahi dan berkembang biak, sehingga makin produktif
  • Sebagai anti-radang, Zat eugenol yang terkandung dalam daun kemangi juga bisa membantu mencegah / mengobati peradangan.
  • Melancarkan peredaran darah, Kandungan isoflavin yang biasa dijumpai pada kacang-kacangan juga terdapat dalam daun kemangi. Isoflavin berkhasiat melancarkan peredaran darah, sehingga bisa mencegah dan mengurangi potensi stres pada burung, serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada burung.
  • Mengobati bengkak akibat gigitan serangga, Daun kemangi juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah gigitan serangga yang dialami burung. Caranya, lumatkan beberapa helai daun kemangi dengan cara dikunyah atau digesek tangan, lantas ditempelkan pada bagian tubuh burung yang terkena gigitan serangga.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon