Cegah dan Atasi Paruh Gajah Pada Lovebird

loading...
Paruh gajah pada lovebird anakanParuh gajah pada lovebird adalah memanjangnya paruh atas lovebird menyerupai belalai gajah, hal tersebut dapat membuat burung mengalami susah untuk menyisil makanannya dan tidak enak untuk dilihat pastinya. Burung LB yang mengalami paruh gajah dapat menurunkan harga jualnya karena itu dapat dikatakan sebagai cacat pada burung

Penyebab Paruh Gajah Pada Lovebird
Paruh gajah pada anakan burung lovebird terjadi karena burung kurang mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Ada juga yang berpendapat kalau paruh gajah yang terjadi pada anakan disebabkan oleh asupan gizi yang terlalu tinggi sehingga berpengaruh pada pertumbuhan terlalu cepat, kasus ini terjadi karena anakan yang diloloh oleh manusia dengan campuran makan yang berlebih.

Burung lovebird dewasa juga dapat mengalami paruh gajah karena tidak tersedianya media yang berstektur keras untuk mengasah ujung paruh burung seperti batu bata atau tangkringan yang cukup keras.

Agar Lovebird Tidak Mengalami Paruh Gajah

  • Untuk indukan yang masih meloloh anakan, usahakan mendapatkan makanan yang bergizi seperti jagung muda dan berikan tulang sotong sebagai tambahan kalsium.
  • Untuk anakan yang diloloh manusia usahakan jangan memberikan campuran pakan tanpa mengetahui takaran gizi nya. Meloloh piyikan lovebird juga jangan terlalu sering, cukup 3 jam sekali saja.
  • Menghindari paruh gajah pada lovebird dewasa dengan cara memberikan asinan berupa batu bata merah atau kulit kerang. Memberikan tangkringan yang keras juga berfungsi sebagai alat untuk mengasah ujung paruh burung lovebird
Jika burung lovebird anda sudah terlanjur mengalami paruh gajah, maka langkah yang harus diambil untuk menghilangkan paruh yang terlalu panjang tersebut adalah dengan memotong atau mengikirnya. 

Cara yang tepat untuk memotong atau mengikir parung gajah pada lovebird, silahkan kunjungi website omkicau DISINI.
loading...

0 Response to "Cegah dan Atasi Paruh Gajah Pada Lovebird"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas, jika ada pertanyaan saya siap untuk menjawab!