Cara Turunkan Birahi Lovebird Dengan Cepat

Burung lovebird over birahi jangan dahulu dilombakan karena hasilnya sudah ketahuan yaitu burung hanya akan merayap dan turun didasar sangkar tanpa mengeluarkan suara ngekeknya, jika anda tetap ingin melombakan burung LB yang sedang birahi maka sehari sebelum lomba coba masukkan burung kedalam kandang koloni jadi burung bisa menyalurkan birahi pada pasangannya.


Jika dengan cara koloni masih belum dapat menurunkan birahinya maka perlu beberapa cara untuk menurunkan birahi burung Lovebird. Cara yang sering saya lakukan ini tidak dapat langsung menurunkan birahi tetapi dengan perlahan agar burung tidak mengalami stress dan macet bunyi.

Sebelum mencari cara untuk menurunkan birahi pada LB sebaiknya anda mengetahui dahulu jenis birahi pada burung tersebut. Ada 2 jenis birahi pada burung lovebird yaitu birahi minta kawin dan birahi fighter untuk menunjukkan kekuasaan teritorialnya.

Untuk LB dewasa yang overbirahi sebaiknya dikoloni saja agar dapat langsung melampiaskan birahinya dengan cara kawin, sedangkan overbirahi pada LB muda sering dikarenakan karena pemberian EF yang berlebih atau karena pemberian doping. Untuk menstabilkan birahi pada LB paud bisa dengan cara memandikan dengan rutin dan pemberian ramuan penurun birahi daun kemangi.

Agar lebih jelas dan mudah dipahami berikut cara menurunkan birahi pada lovebird juara.
  • Perbanyak durasi mandi, sebagai contoh mandi pagi siang dan malam.
  • Mandi pagi dapat menggunakan air dingin dari kulkas, terapi mandi air es ini hanya dilakukan pada saat matahari sudah terbit jadi burung tidak terlalu lama menggigil kedinginan.
  • Memberikan kandang umbaran, selain untuk memperpanjang nafas kandang umbaran juga berfungsi untuk membakar lemak yang berlebih.
  • Lovebird hanya diberikan milet putih
  • Stop pemberian EF berupa jagung dan kangkung
  • Penjemuran hanya sebentar, yang penting burung hangat perkiraan waktu 15 menit cukup.
  • Burung tidak usah dikerodong, kecuali malam hari saat istirahat.
  • Embunkan setiap hari dari jam 4 pagi
  • Berikan pasangan dalam satu sangkar tanpa menggunakan glodok, jika tidak punya burung lain untuk dijadikan pasangan maka dapat dilakukan pemberian glodoknya saja tanpa ada pasangan.
Cara menurunkan birahi lovebird diatas sudah saya praktekkan pada beberapa burung dirumah dan hasilnya cukup memuaskan, burung yang tadinya hanya merayap pada jeruji sangkar dalam waktu seminggu sudah mau diam dipangkringan dan mengeluarkan suara ngekeknya.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon