Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Mudah Berhasil

Cara beternak Lovebird berhasil dan mudahTernak burung lovebird merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan,  karena masih banyaknya peminat burung ini dipasaran. Selain itu, lovebird menjadi salah satu burung favorit karena keindahan serta suara kekekan panjang yang enak didengar. Tidak hanya kicaumania yang menyukai burung ini untuk dijadikan burung kontes, tetapi juga anak-anak hingga para wanita yang menyukai burung ini karena dirasa lucu dan mudah untuk dipelihara.

Dari banyaknya orang yang menyukai burung inilah, ternak lovebird dapat dijadikan usaha untuk menambah penghasilan.  Selain perawatannya mudah juga tidak memerlukan tempat yang luas untuk memulai usaha ternak lovebird.

Sebagai pemula biasanya kita berfikiran bagaimana langkah awal ataupun apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha ternak lovebird ini? Untuk itu pada artikel ini akan saya jelaskan secara lengkap cara beternak burung lovebird untuk pemula.

  • TENTUKAN TUJUAN TERNAK 
Sebelum kita membahas tentang cara dan apa saja yang dibutuhkan untuk beternak lovebird alangkah baiknya anda mempunyai tujuan dahulu, apakah anda akan beternak lovebird yang ditujukan untuk lomba/ kontes ataukah mencetak lovebird yang mempunyai warna bagus.
Karena dari menentukan tujuan breeding inilah kita bisa memilih indukan yang sesuai untuk mencetak anakan yang nantinya bisa mempunyai harga lebih tinggi dipasaran.
  • MEMILIH CALON INDUKAN YANG SEHAT
Untuk pemilihan calon indukan yang bagus sesuai dengan tujuan ternak, kita harus mempertimbangkan silsilah darimana burung ini berasal. Apakah burungnya mempunyai suara kencang dan panjang atau memiliki warna dominan yang jika ditangkarkan nanti akan menurun ke anakan.

Calon indukan yang baik untuk ditangkarkan haruslah burung yang sehat. Jika anda akan membeli calon indukan pastikan burung tidak dalam keadaan kegemukan yang ditandai dengan adanya gumpalan lemak diperut, serta burung  over birahi seperti contoh burung yang suka mencabuti bulunya sendiri atau burung yang suka kawin pangkringan.
  • MENGETAHUI CARA MEMBEDAKAN LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA
Bagi orang awam, untuk membedakan antara lovebird jantan dan betina dirasa cukup sulit, bahkan orang yang professional pun terkadang masih salah dalam membedakan kelamin burung LB. Meski demikian, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin LB kalau kita amati beberapa saat. Berikut adalah beberapa cara diantaranya.
  1. Bentuk lubang hidung, jika lubang hidung membentuk lonjong pipih itu lovebird jantan sedangkan betina memiliki lubang hidung yang bulat.
  2. Bentuk garis putih dipinggir paruh, yang jantan memiliki garis putih paruh yang lancip sedangkan betina tumpul.
  3. LB jantan cenderung memiliki tubuh yang kecil daripada betina. 
  4. Bentuk gepitan sayap saat bertengger, saat bertengger ujung sayap LB jantan cenderung menyatu/ menyilang sedangkan betina tidak sampai menyatu
  5. Saat bertengger kaki betina lebih terbuka/ ngangkang, sedangkan jantan rapat berdiri tegap
  6. Periksa tulang supit/ tulang panggul, betina memiliki tulang supit yang lebih lebar dan lentur.
Untuk lebih mengetahu tentang cara membedakan jantan betina burung lovebird, silahkan baca artikel sebelumnya karena pembahasan lebih rinci dan disertai gambar yang jelas DISINI.
  • KETAHUI USIA LOVEBIRD
beda lovebird anakan dan dewasaLovebird mulai mempunyai birahi mulai usia 5 bulan, tetapi untuk calon indukan yang baik sebaiknya minimal usia burung lovebird adalah 7 bulan karena usia ini dapat dikategorikan sebagai usia remaja. Jika burung lovebird yang dijodohkan terlalu muda dikawatirkan telur kopong dan tidak menetas, dan juga usahakan Lovebird jantan lebih tua daripada betina.

Untuk mengetahui usia lovebird lihat bagian paruh burung, jika burung masih muda akan ada semburat hitam pada pangkal paruh, sedangkan lovebird dewasa warna paruhnya semakin memerah pekat dan kuat.
  • PERSIAPKAN KANDANG TERNAK LB
Glodok untuk ternak lovebirdKandang/ sangkar untuk ternak lovebird menyesuaikan dengan jumlah lovebird yang di tangkarkan. Jika anda hanya mempunyai sepasang maka ukuran standart untuk sangkar adalah 50 x 100 x 50 cm, kalau anda mempunyai banyak indukan bisa menggunakan kandang koloni yang tentunya ukurannya jauh lebih besar. Mudah dan enaknya beternak lovebird itu ya ini, burung dapat dikoloni dalam satu sangkar yang besar dan burung tersebut akan memilih pasangannya sendiri.

Siapkan glodok untuk tempat bersarang burung, biasanya banyak yang jual dipasar. Jangan lupa siapkan juga ranting kering atau serbuk gergaji yang ditempatkan didalam glodok yang nantinya akan dibuat sarang oleh burung tersebut (saya pribadi biasanya memakai ranting daun cemara kering).
  • PAKAN AGAR LOVEBIRD CEPAT BERTELUR
Agar lovebird cepat bertelur dan telurnya dapat menetas dengan sempurna maka burung harus diberikan makanan yang bergizi dan dapat meningkatkan birahi burung tersebut. Beberapa makanan yang harus diberikan bergantian setiap hari adalah kangkung, tauge, kwaci, jagung muda, tulang sotong serta milet putih yang harus selalu ada disangkar.
  • CARA KAWINKAN LOVEBIRD
Mengetahui lovebird berjodoh atau tidak yaitu dengan melihat perilaku burung, jika burung masih bertengkar maka pisahkan burung tersebut dan jika burung sudah kelihatan sering keluar masuk glodok maka dapat dipastikan burung tersebut sudah berjodoh.

Jeda waktu lovebird kawin hingga bertelur adalah 8 sampai 10 hari, pada saat setelah kawin lovebird akan lebih aktif membuat sarangnya jadi jangan lupa siapkan glodok dan ranting kering
  • LOVEBIRD BERTELUR
Telur lovebird yang bagusJika lovebird sudah bertelur maka jangan pernah memindahkan ataupun melihat dan memegang telurnya karena dikawatirkan burung tidak mau mengerami telurnya lagi. Proses pengeraman akan berlangsung sekitar  21 - 25 hari karena telur LB tidak akan langsung menetas bersanaan melainkan satu persatu, misalnya hari ini telurnya menetas satu, kemudian besoknya menetas lagi dan begitu seterusnya.

Anakan lovebird baru menetasPerlu anda ketahui , Lovebird yang baru pertama kali bertelur, sebagian besar telurnya tidak menetas. Ini wajar karena Lovebird mungkin belum siap kawin dan mungkin karena beberapa faktor lain, di antaranya usia belum mapan, faktor lingkungan, serta faktor pakan. Namun, Anda tak perlu khawatir karena pada produksi kedua, biasanya telur akan menetas. Nah, telur pertama Lovebird yang tidak menetas tadi sering dinamakan telur dara.
  • TELUR LOVEBIRD MENETAS
Anakan lovebird yang baru menetas biar diurus oleh indukan, anda tunggu saja sampai anakan lovebird keluar dari sarang. Berikan makanan untuk indukan lovebird yang sedang meloloh anakan berupa jagung muda serta biji-bijian untuk pakan utamanya. Memberikan pakan yang bergizi kepada indukan yang sedang meloloh anakan merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan anda beternak lovebird, karena jika anda hanya memberikan pakan alakadarnya dikawatirkan piyikan lovebird yang baru menetas tadi mati karena kekurangan pakan atau pakan yang dikonsumsi kurang tepat.
  • MELOLOH LOVEBIRD
Spet lovebird untuk melolohMengapa lovebird perlu diloloh? Tujuannya adalah untuk mempercepat indukan berproduksi lagi jadi akan lebih cepat menghasilkan anakan lagi.

Anakan Lovebird dapat dipisah dari indukan pada usia 10 atau 14 hari. Kalau sudah pisah, Anda harus memberikan pengawasan ekstra ke anakan Lovebird. Paling tidak, berikan lampu 5 watt sebagai penghangat tubuhnya.

Untuk meloloh anakan Lovebird, sebaiknya Anda menggunakan spet/ suntikan yang besar agar Lovebird tidak tersedak. Suntikannya pun harus aman, jarum suntik dilepas dulu, kemudian diganti dengan selang elastis seperti karet pentil.

Lantas, makanannya apa saja? Menu makanan Lovebird bisa berupa makanan bubur bayi yang telah diseduh dengan air hangat biasanya saya memakai bubur SUN/ CERELAC. Anda dapat meloloh anakan Lovebird berkisar 4 jam sekali,  lakukan hal ini setiap hari sampai anakan Lovebird bisa makan sendiri.

Racikan pakan lovebird lolohan
Vancy gold + pur ayam 591 + cerel*c beras merah (diblender trus disaring) untuk perbandingan takaran 1 banding 1 semua, diberikan mulai umur 10 hari sampai burung dapat makan biji-bijian sendiri. Racikan pakan lovebird lolohan ini bagus untuk pertumbuhan burung, membuat anakan cepat besar dan sehat.

Demikian cara beternak lovebird untuk pemula, jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan silahkan anda tulis pada kolom komentar atau bisa juga mengirimkan pesan lewat halaman kontak yang sudah kami sediakan. Semoga artikel ini membantu anda untuk lebih yakin untuk mencoba beternak burung lovebird.

VIDEO LOVEBIRD KAWIN
video

Panen anakan lovebird

Artikel Terkait

2 komentar

Slmt pagi om,mau tanya apakah LB yg dlm proses penjodohan dlm kandang pok"an ataupun koloni(120x80x120) dpt terganggu/stres dgn aktifitas manusia (cuci piring,cuci pakaian dan memasak) sehingga tdk mau melakukan kawin walaupun sdh terpantau jantan meloloh betina?krn sy sdh menunggu selama 2bln tetapi blm terpantau kawin dan bertelur.suwun utk saran dan pencerahannya om fauzi hanif

LB termasuk jenis burung yang gampang beradaptasi om, saya dirumah juga ada LB yang ditempatkan dikeramaian dan masih aktif produk. Apakah LB nya jodohan baru atau sudah pernah produk? atau mungkin burungnya kurang birahi jadinya belum mau kawin.

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon