Cara Setting Lovebird Jantan Untuk Lomba

Melombakan burung lovebird jantan memang tidak ada salahnya karena pada dasarnya semua jenis burung lovebird dapat ngekek, tetapi untuk setingan LB jantan memang sedikit lebih rumit karena kita harus membuat birahi stabil agar burung mau mengeluarkan kekekan panjang dari awal sampai akhir pertandingan.

Lovebird jantan ngekek panjang untuk lombaJika anda ingin melombakan burung LB yang mempunyai kelamin jantan sebaiknya amati dahulu karakter burung tersebut, apakah dirumah sudah mau ngekek panjang dan perilaku saat bertemu lovebird betina. Jika karakter sudah diketahui saya rasa tidak akan sulit untuk membuat LB jantan ngekek dan nagen saat dilombakan.

Lovebird jantan dewasa yang dilombakan malah akan membuat LB betina disekitarnya menjadi over birahi, maka dari itu kelebihan melombakan LB jantan adalah membuat musuh disekitarnya menjadi gelisah dan menunjukkan sifat birahi yang mengakibatkan LB betina gagal nampil.

Disini saya akan menjelaskan tata cara bermain lovebird jantan Lomba mapan Usia 8 Bulan ke atas sesuai pengalaman saya dan beberapa sahabat saya yang menggunakan perawatan yang sama dan menghasilkan lovebird jantan berkualitas lomba. Untuk ciri fisik LB yang prospek untuk lomba silahkan baca pada artikel sebelumnya disini

  • Settingan perawatan LB jantan berbeda dengan perawatan betina, jika betina harus selalu sendiri supaya stabil namun jika jantan sebaliknya yaitu harus selalu bersama supaya tetap stabil.
  • Jadi pertama lovebird jantan nya harus aktif dan gacor yang menandakan itu merupakan lovebird cerdas bisa untuk kita andalkan di perlombaan. Kemudian kita mulai terapkan perawatan untuk kesehariannya.
  • Dalam keseharian nya lovebird jantan tersebut harus berdampingan bersama lovebird betina di dalam 1 sangkar yang sama (boleh di sangkar ternak). Metode ini akan membuat lovebird jantan selalu stabil birahi nya karena di setiap lovebird jantan tersebut kelebihan nutrisi yang mengakibatkan birahi nya tinggi, Maka lovebird jantan tersebut akan melepaskan birahinya dengan mengawini si betina.
  • Setelah buang birahi/kawin di setiap birahi nya naik maka yang terjadi adalah stabil karena hasrat nya tersalurkan dan ini membuat lovebird jantan akan menjadi sangat gacor, apalagi di dukung dengan suara masteran di keseharian nya yang tentunya sebagai burung cerdas lovebird tersebut akan menirukan suara masteran tersebut.
Selanjutnya bagaimana cara untuk mengkondisikan untuk berlomba?
  • Cara nya adalah mulai 3 hari sebelum hari lomba, ambil pisahkan lovebird jantan tersebut masukan kedalam sangkar lomba, biarkan untuk selalu sendiri selama perawatan menjelang lomba.
  • Pagi jam 05:00 boleh lebih asalkan masih pagi buta, Embunkan lovebird jantan tersebut di halaman rumah kemudian jam 07:00 setelah matahari terlihat bersinar mandikan lovebird jantan tersebut, lanjut angin-anginkan di tempat teduh sampai bulu-bulu nya terlihat kering kemudian lanjut jemur 15-20 menit saja.
  • Kemudian kerodong lovebird simpan di tempat sejuk di dalam rumah (Usahakan harus selalu sendiri jangan ada suara lovebird lain kecuali suara masteran).
  • Sore jam 04:00 atau kira-kira waktu sore kembali keluarkan lovebird jantan tersebut untuk di angin-anginkan sebentar kemudian mandikan kalau sore asal basah saja, lanjut angin-anginkan sampai bulu nya terlihat kering dan kembali di krodong simpan kembali di rumah.
  • Selama perawatan ini makanan nya cukup milet putih saja dan minum nya air jernih saja, apabila anda memiliki madu boleh air minumnya di campur 1 tetes madu. Untuk EF boleh berikan jagung muda, Tapi tidak di beri jagung juga tidak masalah.
  • Pada hari H Lomba, Lovebird jantan tersebut embunkan ketika pagi Jam 05:00, kemudian jika sinar matahari sudah bersinar mandikan lovebird jantan tersebut dan bersihkan sangkarnya, kemudian lanjut angin-anginkan sampai bulu-bulu nya terlihat kering, minumnya berikan air jernih saja dan lanjut krodong siap untuk di bawa mengikuti perlombaan.
Pada dasarnya kunci keberhasilan melombakan LB jantan adalah dengan cara menstabilkan birahinya dengan cara menyatukan dengan LB betina, jadi jika Lovebird jantan tersebut over birahi bisa langsung mengawini LB betina tersebut.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon