Cara Mandikan dan Jemur Lovebird agar ngekek panjang

Memandikan Lovebird agar ngekek panjangRutinitas dipagi hari oleh penghobi burung lovebird adalah memandikan dan menjemur burung kesayangan. Setelah proses pengembunan yang dimulai dari pukul 4 pagi yang bermanfaat agar burung lebih rajin berkicau maka kegiatan selanjutnya adalah proses mandi pagi untuk lovebird yang bertujuan untuk melatih fisik serta menjaga kebersihan burung.

Sebenarnya ada banyak manfaat memandikan dan menjemur burung lovebird, maka dari itu sebagai penghobi lovebird sebaiknya lebih rajin lagi dalam memberikan perawatan dalam hal ini. Beberapa manfaat memandikan lovebird di pagi dan malam hari adalah.

Manfaat Mandi Pagi Untuk Lovebird

  1. Menjaga kesehatan burung
  2. Membuat burung menjadi fresh
  3. Membuat burung rajin berkicau
  4. Menjadikan bulu lebih halus
  5. Menghilangkan kutu
  6. Menstabilkan birahi
Manfaat Mandi Malam Untuk Lovebird
  1. Menurunkan birahi
  2. Stabilkan birahi
  3. Membuat lebih gacor
  4. Menjinakkan burung
  5. Meregangkan otot yang kaku
Setelah mengetahui manfaat dari memandikan burung lovebird, diharapkan anda lebih konsisten dalam merawat burung terutama pada pemberian pakan dan mandi jemur tentunya. Beberapa cara memandikan lovebird yang benar agar burung tidak stres dan membuat burung lebih rajin berkicau adalah sebagai berikut :
  • Sebelum lovebird kita mandikan lebih baik diangin-anginkan terlebih dahulu selama 20 menitan tepatnya jam 07.00 pagi agar burung tidak terlalu kaget ketika dimandikan.
  • Ketika dimandikan sebaikanya dengan menggunakan sprayer, karena jarang sekali lovebird yang ingin dimandikan dalam keramba. Untuk penyemprotan bisa dilakukan dengan bebas yang penting semunya basah dan bersih.
  • Jika kita memandikan lovebird muda jangan lupa untuk disemprotkan sampai basah kuyup atau benar-benar basah, karena hal ini bisa membuat lovebird mengeluarkan karakternya. Selain itu memandikan lovebird muda sampai basah juga bisa meningkatkan staminanya dan membuat lovebird semakin rajin berbunyi.
  • Setelah lovebird dimandikan biarkan dulu air dalam bulunya berjatuhan, karena jika langsung dijemur biasanya bulu-bulu akan pecah serta kusam. Penjemuran bisa dilakukan maksimal sampai jam 10.00 pagi.
  • Setelah semuanya selesai jangan lupa untuk digantangkan ditempat aman sambil diperdengarkan suara masteran agar suara ngekeknya semakin panjang dan berkualitas.
Itulah cara memandikan lovebird dengan baik dan benar. Jika kita melakukannya dengan benar maka akan banyak manfaat yang dihasilkan dari hal tersebut. Setelah itu lakukan juga penjemuran dengan benar.

Baca juga : Setingan LB Paud Untuk Lomba

Cara Menjemur Lovebird
Seperti yang sudah saya katakan bahwa menjemur lovebird juga memerlukan cara dan waktu yang tepat. Waktu yang tepat atau baik untuk menjemur lovebird itu sebelum jam 10.00. jadi sebelum jam 10 burung sudah selesai dimandikan serta sudah dalam keadaan kering.

Tapi tetap harus ingat juga, ketika burung sudah selesai dimandikan apalagi sampai basah kuyup maka jangan langsung di jemur. Biarkan dulu sampai air pada bulunya menetes dan jika sudah dirasa tidak terlalu basah kuyup baru dilakukan penjemuran. Karena jika burung dijemur dalam kondisi basah kuyup akan membuat bulu-bulunya menjadi kering dan rapuh bahkan tidak terlihat cantik, hal ini sangat aku tegaskan karena banyak kasus yang berawal dari hal memandikan serta menjemur burung yang salah dan membuat bulu-bulunya menjadi rusak.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon