Cara Agar Trotol Cucak Ijo Cepat Keluar

loading...
Memiliki cucak ijo yang masih muda dan masih berwarna kuning pada bagian lehernya mungkin membuat anda berfikir apakah jenis kelamin burung ini? burungnya juga rajin berkicau tetapi masih ragu karena belum ada trotol hitam yang keluar.
cucak ijo trotol banyuwangi

Cucak ijo yang sudah keluar bulu trotol hitamnya pada bagian leher walaupun itu hanya 1 helai sudah dapat dipastikan bahwa burung tersebut berjenis kelamin jantan, biasanya trotol hitam mulai keluar pada usia 5 bulan tetapi ada juga yang lebih lama daripada itu. Nah beberapa cara agar trotol hitam pada burung cucak ijo cepat keluar sebaiknya lakukan perawatan sebagai berikut 
  • Berikan pakan buah pisang, apel merah dan sawo secara bergantian setiap hari
Pemberian buah secara bergantian setiap harinya bertujuan agar burung tidak bosan hanya memakan 1 jenis buah saja dan kandungan dalam buah juga berbeda-beda. 
  • Berikan EF berupa jangkrik
Jangkrik kaya akan protein maka dari itu pemberian hewan ini harus selalu dilakukan sesuai dengan setingan setiap harinya, jika burung masih muda dikasih jangkrik yang banyak tidak apa-apa agar burung tidak kurus.
  • Berikan EF Ulat hongkong
Tujuan pemberian ulat hongkong untuk cucak ijo kuningan ini adalah agar burung merasa hangat dan pemberian UH yang sedikit banyak akan membuat burung lebih cepat untuk rontok bulu (mabung).
  • Berikan Kroto segar setiap hari
Fungsi kroto agar burung mendapatkan nutrisi tambahan dan membuat burung lebih rajin untuk berkicau.
  • Mandi jemur rutin setiap pagi hari
Mandi jemur setiap pagi agar burung terhindar dari kutu dan mendapatkan vitamin D dari pancaran sinar matahari pagi. 

Sebenarnya trotol pada burung cucak ijo akan keluar jika burung tersebut mengalami mabung maka tunggulah saat itu, jangan pernah untuk mencabut bulu burung secara paksa karena belum tentu nanti tumbuhnya warna hitam melainkan warna putih. Jika burung sudah mengalami proses ganti bulu maka lakukan perawatan kusus agar bulunya cepat rontok pada artikel sebelumnya di sini.
loading...

0 Response to "Cara Agar Trotol Cucak Ijo Cepat Keluar"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas, jika ada pertanyaan saya siap untuk menjawab!