Atasi Cucak Ijo Macet Bunyi setelah mabung dan stres kalah mental

Macet bunyi dapat dialami oleh semua jenis burung salah satunya adalah burung cucak hijau, kondisi ini sangat dibenci para kicaumania karena burung hanya akan diam walaupun diadu dengan burung sejenis. Jika burung anda mengalami macet bunyi sebaiknya pastikan dulu apa penyebabnya baru dicari solusinya.

cucak ijo mabung nyulam bulu kepala

Beberapa penyebab burung cucak ijo mengalami macet bunyi
  1. Burung mau mabung/ setelah mabung
  2. Burung stress
  3. Kalah mental setalah tarung
  4. Burung sakit (sakit pernafasan, pencernaan)
  5. Burung Over birahi (OB)
  6. Burung kegemukan
  7. Burung kaget
  8. Burung Dipegang
  9. Sangkar Jatuh
  10. Ditubruk kucing
Jika anda sudah mengetahui penyebab burung cucak ijo macet bunyi maka langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk membuat burung tersebut berkicau kembali. Nah.. bagaimanakah caranya? 

  • Atasi cucak ijo macet bunyi setalah mabung
Jika burung anda macet bunyi setelah mabung coba lihat dulu kondisi burungnya, apakah masih ada bulu yang nyulam atau masih dorong ekor. Jika dirasa bulu sudah utuh semua maka langkah selanjutnya adalah memberikan rawatan harian seperti yang sudah ditulis di sini.
  • Atasi cucak ijo macet bunyi karena stress
Stres pada burung cucak ijo terjadi karena beberapa faktor diantaranya burung kaget karena sangkar terjatuh, burung dipegang atau bisa juga karena ditubruk kucing. Untuk mengatasi hal tersebut harusnya burung langsung ditempatkan pada suasana yang tenang, dikrodong dan diberi terapi suara gemercik air.
  • Cucak ijo macet bunyi karena kalah mental
Kalah mental disebabkan karena kita terlalu sering mencoba gantang burung cucak ijo, atau bisa juga karena burung kita masih terlalu muda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menyendirikan burung di tempat sejuk dan bebas dari gangguan burung lainnya. Selama masa terapi, burung tetap diberi pakan serangga seperti kroto setiap hari, dan jangkrik yang diberikan seperlunya saja.

Selama masa terapi, anda bisa memutarkan suara gemercik air atau suara alam agar burung merasa tenang dan nyaman.
  • Burung macet bunyi karena sakit
Burung cucak ijo yang sedang sakit pasti macet bunyi, maka dari itu sembuhkan dulu sakitnya baru diberikan rawatan agar burung cepat gacor kembali. Biasanya saya memberikan kroto setiap hari untuk burung yang sedang sakit agar cepat sehat kembali. Selain itu pemberian obat juga sangat diperlukan untuk penyembuhan burung yang sedang sakit.
  • Macet bunyi karena Over Birahi
Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas tentang cara menurunkan birahi cucak ijo silahkan anda baca di sini.
  • Burung cucak ijo macet bunyi karena kegemukan
Burung yang mengalami kegemukan pasti malas untuk berbunyi dan hanya ngriwik saja, untuk mengatasi kegemukan pada burung haruslah melakukan pengumbaran setiap harinya dan juga kurangi pemberian EF.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi cucak ijo yang mengalami macet bunyi. Pada intinya cari tahu dahulu penyebab burung mengalami macet bunyi baru kita bisa tau langkah selanjutnya untuk menanganinya.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon