Atasi Cucak Ijo Bulunya Gembung

cucak ijo bulu gembung karena sakit dan over birahiBurung cucak hijau yang sering mengembungkan bulunya mempunyai kemungkinan kalau burung tersebut sedang sakit atau sedang mengalami over birahi, jika anda mempunyai burung cucak ijo yang tiba-tiba mengembungkan bulunya coba perhatikan gerak-gerik burung tersebut apakah burungnya hanya diam saja atau masih aktif seperti biasanya.

Burung cucak ijo yang mengembungkan bulunya karena kurang sehat atau sakit biasnya hanya diam saja di tangkringan sambil menutup matanya, tetapi jika cucak ijo masih aktif bergerak lincah dengan mengembungkan bulu dadanya itu menandakan burung cucak ijo anda mengalami over birahi. Maka dari itu kenali dahulu penyebab gembung pada cucak ijo agar kita mudah dalam menangani masalah tersebut

Ciri-ciri ijo gembung karena sakit

  1. Burung hanya diam di tangkringan
  2. Sering Menutup Matanya
  3. Kotoran Berwarna Putih Cair
  4. Bulu Mengembang Keseluruhan
  5. Kepala Dimasukkan Kedalam Bulu Sayap
  6. Macet bunyi
Cara mengatasi cucak ijo yang mengembungkan bulunya karena sakit
Jika cucak ijo anda mengalami gembung bulu dengan ciri-ciri diatas maka langkah selanjutnya adalah pemberian obat seperti Super N ataupun Ebod Vit agar burung cepat pulih seperti semula. Untuk penjemuran tetap dilakukan agar burung merasa hangat cukup jemur sampai jam 8 pagi saja, berikan buah apel merah, sawo dan pisang secara bergantian. Burung jangan dimandikan dan kalau bisa burung diberikan full krodong.

Ciri-ciri ijo gembung karena Over Birahi
  1. Burung masih aktif bergerak
  2. Burung sering mengeluarkan suara krek krek krek
  3. Sering melompat ke tangkringan dan jeruji kandang
  4. Menjulurkan lidah kalau sedang ditrek
  5. Burung hanya ngriwik saja
  6. Bulu gembung pada bagian dada
Solusi untuk cucak ijo yang sering ngembung jarang bunyi karena OB(Over Birahi) 
Untuk burung cucak ijo yang mengembangkan bulunya karena over birahi tentunya perawatannya jauh lebih mudah daripada burung sakit yaitu dengan cara memberikan buah pepaya sebagai pakan hariannya serta sering dimandikan. Jika masih belum paham bagaimana cara menurunkan birahi cucak ijo silahkan baca artikel sebelumnya tentang cara cepat turunkan birahi cucak hijau.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon