Atasi Cucak Hijau Hanya Bunyi Dirumah, Digantang Diam Saja

cucak ijo gacor ditempel jegrik ngentorok caragacorBeberapa hari yang lalu ada teman yang bertanya kepada saya kenapa burung cucak hijau miliknya gacor dirumah dan saat digantang hanya diam membisu? ya memang seperti itulah karakter burung yang masih belum memiliki mental, jadi kita harus sering membawa burung kita latihan ke arena latber untuk mengasah mental agar burung mau berkicau diberbagai tempat.

Selain mental yang belum diasah ada beberapa penyebab yang mungkin terjadi pada burung yang anda rawat, jadi terlebih dahulu yang perlu dilakukan adalah mengetahui penyebab apa yang membuat burung anda hanya diam saat digantangkan.

Penyebab burung hanya gacor dirumah

  1. Saat dirumah hanya menggantang ditempat yang sama setiap hari
  2. Emosi belum stabil
  3. Sifat fighter yang kurang
  4. Kurang masteran
  5. Burung masih muda
  6. Takut dengan keramaian
  7. Takut dengan warna-warna tertentu
  8. Takut dengan benda asing seperti motor/ mobil/ payung/ gerobak
  9. Mengganti setingan saat dilombakan
  10. Mental burung belum siap lomba
Dari beberapa penyebab burung hanya bunyi dirumah sedangkan saat digantang hanya diam saja seperti yang tertulis diatas pasti anda dapat memikirkan solusi untuk mengatasi hal tersebut tentunya dengan cara mencoba dan mempelajari karakter burung tersebut. Beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah sebagai berikut :

  • Usahakan saat anda menjemur atau menggantang burung letakkan berpindah-pindah, itu bertujuan agar burung cepat beradaptasi dengan suasana baru.
  • Berikan suara masteran agar burung dapat menirukan suara burung lain yang dapat dijadikan suara dominan.
  • Pastikan burung yang anda gantang sudah memiliki sifat fighter, biasanya burung yang terlalu muda masih mempunyai birahi yang belum stabil jadi tidak disarankan untuk menggantang burung muda karena dapat mengakibatkan kalah mental dan macet bunyi.
  • Pastikan setingan yang anda berikan sesuai dengan karakter burung, untuk mencari setingan silahkan baca artikel kami sebelumnya DISINI.
  • Jika dirasa burung sudah gacor dirumah maka saya sarankan tidak usah menambahkan EF lagi sebelum gantang.
  • Jika burung takut dengan sesuatu entah itu warna ataupun barang maka jangan jauhkan burung dengan sesuatu itu malah semakin dekatkan tapi dengan cara bertahap pastinya.
  • Untuk mental burung dengan berbagai solusi diatas pasti akan terbentuk sendiri jika anda melakukan dengan konsisten.
Pada dasarnya semua burung pasti berkicau tetapi jika anda menginginkan burung anda berani tampil diarena lomba maka anda perlu mempelajari karakter burung tersebut. Jika hari pertama gntang burung masih diam maka koreksi lagi apakah burungya kurang birahi atau malah over birahi.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon