Agar Cucak Ijo Cepat Selesai Mabung dan Bulunya Rapi

Proses ganti bulu pada burung cucak ijo terjadi hampir setiap tahun, pada proses ini burung akan mengalami rontok bulu entah itu bulu halus ataupun rontok total. cucak hijau nyulam sebaiknya diberikan perawatan khusus agar bulu cepat rontok dan juga tumbuh dengan cepat dan sehat.


Burung cucak ijo yang sedang mengalami mabung sebaiknya jangan dilombakan terlebih dahulu karena pada proses ini burung hanya akan banyak diam.

Berapa lama cucak ijo akan mengalami ganti bulu? nah itu tergantung bagaimana kita merawat burung tersebut saat mabung. Ada cucak ijo yang cepat selesai mabungnya dan ada juga burung yang terus nyulam merontokkan bulu halusnya. 

Proses perontokan bulu burung biasanya dalam jangka waktu 1 bulan, sedangkan untuk menumbuhkannya lagi perlu waktu 1 bulan juga. Burung cucak ijo dapat ikut lomba lagi setelah bulu tumbuh semua dan kering, jadi proses keseluruhan dalam merawat burung yang sedang mabung membutuhkan waktu 3 bulan baru burung dapat dicoba untuk digantangkan.

Burung cucak ijo yang akan mabung biasanya ditandai dengan warna bulu yang sudah kusam serta bulu kelihatan tidak rapi dan pecah-pecah/ nyerit, jika anda melihat burung anda dalam kondisi seperti itu maka langkah selanjutnya adalah memberikan perawatan agar burung cucak ijo cepat merontokkan bulunya.

Beberapa cara agar cucak ijo cepat merontokkan semua bulunya adalah sebagai berikut :
  • Berikan rawatan full krodong
Full krodong ini bertujuan agar burung lebih tenang, dengan keadaan tenang burung akan lebih fokus dalam merontokkan bulunya. Fungsi krodong juga sebagai penghalang hewan pengganggu seperti tikus ataupun hewan kecil lainnya yang dapat menyebabkan burung stress.
  • Jauhkan dari burung sejenis
Kenapa harus dijauhkan karena jika tidak burung akan tetap aktif berkicau saut menyaut yang mengakibatkan burung yang sedang mabung mengalami kalah mental dan macet bunyi. Pada dasarnya burung yang sedang ganti bulu merasakan sakit oleh karena itu burung akan banyak diam.
Kenapa pemberian EF diberikan lebih banyak daripada setingan hariannya itu bertujuan agar burung tetap tercukupi kebutuhan protein ataupun vitamin, proses merontokkan bulu juga memerlukan tenaga jadi jangan sampai anda menyetop pemberian pakan tambahan karena itu bisa membuat burung anda menjadi kurus dan sakit serta lebih parahnya lagi jika burung anda mengalami mabung yang terlalu lama bahkan gagal mabung.
  • Bersihkan sangkar seminggu sekali saja
Kenapa demikian? karena kotoran burung akan membantu mempercepat proses rontok bulu. Kok bisa? ya karena amonia dan keadaan sangkar yang full krodong akan membuat udara lebih lembab yang mengakibatkan pori-pori burung cepat terbuka. 
  • Mandikan juga seminggu sekali
Saat membersihkan sangkar sebaiknya burung juga dimandikan. Saat memandikan burung usahakan memberikan sampo anti kutu agar burung terhindar dari kutu pengganggu. Setelah dimandikan burung dapat diangin-anginkan sebentar agar burung didis sambil merapikan bulunya.
  • Jangan pernah menjemur burung yang sedang mabung
Menjemur burung yang sedang mabung dapat mengakibatkan pori-pori kulit tertutup lagi dan itu menyebabkan bulu kusam susah untuk lepas, selain itu panas matahari yang terik juga mengakibatkan bulu baru menjadi keriting.
  • Berikan suara masteran
Memaster burung cucak ijo dapat dilakukan setiap hari, karena pada proses ganti bulu ini burung akan lebih cepat merekam suara disekitar. Untuk cara pemasteran yang tepat agar suara cepat masuk dilahkan baca artikel sebelumnya tentang Cara Memaster Cucak Ijo Cepat Masuk.

Jika cucak ijo anda mengalami nyulam terus menerus itu mungkin dikarenakan burung mengalami over birahi maka berikan rawatan untuk menurunkan birahi cucak ijo. Baiklah itu saja yang dapat saya bagikan untuk merawat cucak ijo yang sedang mabung, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon