Agar ciblek kebun gacor dan ngebren panjang

Burung ciblek kebun ada 2 jenis yaitu jantan dan betina.. heheee bercanda!!! ya ciblek kebun memang ada 2 jenis yaitu ciblek putih dan ciblek kuning, perbedaan dari keduanya terletak dari warna bulu dadanya. Suaranya yang pedas dan rapat sangat disukai para kicau mania untuk memaster burung ocehan.

ciblek dakun daput nembak ngebren
Ciblek kristal ngebrem panjang
Jenis suara burung ciblek juga ada 2 yaitu nembak dan ngebrem, suara nembak cenderung keras dan putus-putus seperti ini contohnya ciplek ciplek ciplek berulang sedangkan suara ngebrem tetap keras dan rapat tanpa jeda contohnya silahkan cari sendiri di Youtube saja.. :D

Nah, sekarang bagaimana mengeluarkan suara ngebren sebagai senjata ataupun suara yang bagus untuk masteran, tentunya dengan cara rawatan harian seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya DISINI. Dengan melakukan rawatan harian tersebut burung akan semakin rajin berkicau tetapi untuk memaksimalkan suara dan durasi ngebrennya perlu pemasteran dan perawatan untuk melatih otot pernafasan.

Hal yang perlu diperhatikan agar ciblek kebun rajin berkicau dan suaranya panjang adalah sebagai berikut :
  • Jika dipelihara dari lolohan berikan suara masteran, suara masteran bisa dari burung kenari atau mp3 suara ciblek ngebren yang panjang. Jika menggunakan mp3 beri jeda waktu saat memaster jadi suara masteran tidak selalu hidup.
  • Berikan umbaran untuk melatih otot pernafasan sehingga diharapkan burung dapat mengeluarkan suara yang keras dan panjang.
  • Burung setiap pagi dimandikan, proses mandi ini juga berpengaruh pada kebersihan dan kesehatan burung.
  • Jemur burung sedikit lebih lama, setelah mandi burung diangin-anginkan sebentar sampai bulunya tidak basah lagi baru dijemur karena jika bulu masih basah langsung dijemur dapat dipastikan bulu akan mudah rapuh dan kusam.
  • Proses penjemuran maksimal sampai jam 11 dan saat penjemuran berlangsung jangan berikan pakan dan minum untuk burung.
  • Jika burung ciblek dakun sudah selesai jemur baru berikan pakan berupa jangkrik dan voor lalu baru berikan air putih.
  • Pemberian minuman larutan juga membantu untuk menjernihkan suara burung ciblek daput ini.
  • Pemberian EF berupa kroto seminggu 3 kali setiap pagi sebelum burung dimandikan dan dijemur, EF kroto ini menjadikan burung lebih gacor.
  • Berikan cepuk air minum yang sedikit lebih besar untuk burung mandi sendiri, biasanya burung ciblek dasem ini sering mandi sendiri saat udara sedang panas jadi perlu tempat minum yang pas untuk mandi burung ini.
  • Usahakan setiap pagi burung selalu diembunkan, jadi burung dikeluarkan dari rumah setiap jam 4 pagi agar mendapatkan udara yang segar. Cara ini juga dapat digunakan sebagai terapi untuk ciblek yang macet bunyi agar dapat berkicau kembali
Cara agar ciblek kebun gacor dan ngebren panjang diatas sudah saya buktikan sendiri dan hasilnya sangat memuaskan, dalam waktu 2 minggu burung ciblek yang tadinya kurang rajin berkicau sekarang menjadi gacor dan memiliki suara nembak ngebrem yang panjang.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon