Cara ketahui Settingan lomba Lovebird tipe basah atau kering

Beberapa waktu lalu banyak sekali yang menanyakan tentang cara mengetahui type lovebird basah atau kering melalui komentar dan WA, saya kira lovebird basah berarti bulunya basah, Ternyata tidak! ternyata type basah an kering menjadi patokan untuk melakukan perawatan harian dan juga lomba.

Semakin hari para kicau mania semakin jeli dan kreatif dalam mengamati dan mencari setingan yang sesuai untuk burungnya. Karena saya tidak mengetahui tentang yang dimaksud tipe basah ataupun kering maka saya langsung menanyakan pada master lovebird Saputrahardy.

Terima kasih saya ucapkan kepada Om Saputrahardy yang telah menyetujui tulisannya tentang cara mengetahui LB tipe kering dan basah di tulis ulang pada blog Caragacor.com ini. Untuk anggota Bali 212 saya juga berterima kasih karena telah mengingatkan saya untuk menuliskan sumber artikel ini, dan memang benar artikel ini saya tulis ulang dari penemunya yaitu Om Saputrahardy.
ketahui karakter lovebird
Untuk mengetahui lovebird tipe panas atau dingin perlu pengamatan yang jeli dan konsisten, tujuan pengamatan ini adalah untuk melakukan perawatan yang sesuai dengan tipe burung tersebut, dan untuk mengetahui karakter lovebird tipe kering atau basah pada umumnya adalah sebagai berikut.

Lovebird type basah adalah burungyang kesehariannya tidak terlalu tergantung dengan kondisi panas matahari. Ciri-cirinya :
  • Saat buka kerodong pagi hari bulu bangun atau mengembang tetapi burung tidak galak
  • Jika dijemur sedikit lebih lama burung gelisah
  • Jika diberikan cepuk mandi tidak perlu waktu lama burung akan langsung mandi sendiri
  • Jika mandi semprot burung anteng
Lovebird type kering memerlukan panas sinar matahari lebih lama. Ciri-cirinya :
  • Saat pertama buka kerodong, sayap menggepit rapat dan rapi
  • Dijemur lama burung kuat dan anteng
  • Jika diberikan cepuk mandi burung tidak mau langsung mandi
  • Disemprot air juga lari-larian menghindar.
Settingan lomba Lovebird type basah dalam kesehariannya lebih suka dengan hawa dingin, dan biasa saat digantang Lb tipe ini harus dijemur dulu untuk menaikkan birahi makannya seringkali LB tipe ini terlambat jalan. Saat mau berangkat kegantangan burung kering tetapi kerodong disemprot agar sejuk. Begitu sampai lokasi lomba, kerodong dibuka dan burung dimandikan lalu dijemur, jika burung sudah mau ngekek 1 atau 2 kali maka langsung kerodong burung tersebut. Jika sudah mulai naik gantangan sebaiknya pangkringan dibasahkan dan burung disempot embun pada bagian punggung dan dada.

Settingan Lovebird tipe kering, kesehariannya suka dengan jemur. Birahi pada burung ini gampang naik jadi saat berangkat burung dimandikan dan dikerodong. Pada saat sampai lokasi lomba burung ini suka dan nyaman ditempat panas. Bila burung kelihatan kenceng birahinya seperti badan mengecil maka mandikan lagi, setelah kering baru kerodong. Sambil menunggu berapa sesi mau naik kerodong disemprot tetapi tergantung birahi LB dan hawa digantangan.

Chat Persetujuan Om Saputrahardy
Begitulah cara mengetahui ciri-ciri LB type basah dan kering, jika dirasa postingan diatas membantu anda dalam mencari setingan maka bagikan artikel ini dengan cara tekan tombol share dibawah ini.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon