Setingan Lovebird Paud/ Balibu Rajin Ngekek Dirumah dan Lomba

LB paud ngekek panjangMelombakan burung lovebird yang masih muda bertujuan untuk mengetes apakah hasil tangkaran suatu farm bisa dikatakan bagus atau prospek untuk gantangan, tetapi kita tidak boleh melombakan burung LB yang masih anakan terlalu sering! kenapa demikian karena dikuatirkan burung akan mengalami kalah mental jika kita terlalu memaksakan untuk melombakan burung tersebut.

Burung Lovebird yang masih paud mempunyai birahi yang belum stabil maka dari itu tujuan dari melombakan burung tersebut hanyalah untuk mengasah mental serta melihat karakter dari burung tersebut apakah dapat dijadikan gaco untuk bahan lomba atau hanya dapat digunakan untuk memaster burung ocehan dirumah.

Syarat yang harus dipenuhi dalam pemilihan bahan lovebird kekekan yaitu burung sudah kelihatan sifat fighter serta latahnya dan jangan lupa durasi ngekek yang panjang menjadi nilai plus dalam penilaian saat dilombakan. Maka dari itu kita akan membahas cara merawat anakan Lovebird agar ngekek panjang saat digantangan.
Untuk melatih LB agar mengeluarkan sifat fighternya silahkan dibaca pada artikel sebelumnya Cara Keluarkan Sifat Fighter Lovebird

Pemilihan bahan dari indukan trah jawara atau indukan ngekek panjang
Sangat jelas sekali faktor dari indukan jawara dapat diprediksikan 60 % akan berpengaruh lahirnya trah jawara dengan indukan ngekek panjang, Akan tetapi kita juga harus benar benar jeli memilih dari mana asal usul dan sejarah indukan tersebut agar kita tidak salah pilih. Memprediksikan kualitas genetik dari anakan trah jawara dapat kita lihat dari fisik maupun warna dan performa kedua indukan apakah sama dengan anakan yang kita ambil, Meski tidak 100 % akurat karena hanya mengandalkan sifat wujud setidaknya prediksi kita tidak ngawur.

Melatih Mental serta  Rawatan Agar Dapat Ngekek Panjang

  1. Saat Love Bird berusia 1,5 bulan sampai dengan 2 bulan, akan mulai belajar bunyi walaupun masih malu-malu. Agar mental sang anak bisa oke, setiap pagi dijemur dan Di Mandikan kemudian diangkat dan diangin-anginkan di tempat yang ramai dengan suara berisik di sekitar seperti suara teriakan atau suara mobil ataupun suara motor. Hal ini bertujuan agar sang anak bermental baik dan tidak takut keramaian.
  2. Lakukan Ritual Mandi jemur setiap pagi mulai pukul 6 - 9, tempatkan LB di kandang umbaran umtuk melatih nafas serta stamina agar burung dapat ngekek lebih panjang.
  3. Love Bird anakan sebaiknya jangan sering-sering ditemukan dengan sesama Love Bird tetapi jika mendengar suara boleh saja, hal ini bertujuan supaya di saat waktu bertemu sang anakan akan berani buka suara karena kesenangan bertemu koloninya yaitu sesama jenis burung lovebird.
  4. Burung bisa diperkenalkan sejak dini terhadap suasana lapangan sehingga dapat mengetes mentalnya sebab suasana di lapangan dan di rumah itu sangat berbeda. Hal ini sekaligus untuk mempercepat lovebird muda beradaptasi terhadap lingkungan atau suasana lomba.
  5. Pemberian pakan ekstra fooding untuk meningkatkan stamina dan menyetabilkan birahi. Biasanya kami hanya menggunakan Jagung Muda : untuk memperkeras suara pada saat berlomba, Daun Bayam : untuk pemulihan tenaga sehabis berlomba, Daun Ginseng : untuk memperbaiki kesehatan ketika burung terlihat kurang sehat, Daun Binahong : untuk mengobati ketika burung sedang sakit, Pucuk Daun Mengkudu : untuk mengkristalkan suara supaya terdengar lebih nyaring. Kami hanya menggunakan Extra Fooding sesuai kebutuhan/ sewaktu-waktu dibutuhkan saja, jadi kami tidak menggunakan Extra Fooding setiap hari.
  6. Teknik pemasteran wajib kita lakukan demi menciptakan lovebird haban ngekek panjang kita bisa menggunakan audio Mp3 maupun burung lain dengan kualitas ngekek panjang. Teknik pemasteran yang baik jika menggunakan audio / Mp3 jangan keras keras, minimal volume sedang dan masih kedengaran
Setingan Menjelang Lomba (jika lomba diselenggarakan hari minggu)
  1. Perawatan mandi dan jemur hanya di mulai hari senin sampai hari kamis saja (Untuk makanan milet putih untuk minuman air jernih)
  2. Hari kamis sore Love Bird mulai dikerodong sampai hari Minggu, namun tetap harus dicek pakan dan minum nya setiap pagi jangan sampai habis ataupun kotor. Jadi mulai hari kamis sore lovebird tidak di jemur tidak di mandikan (pokoknya benar-benar lovebird di kerodong full, di karantina di simpan di tempat sejuk di sendirikan di dalam kerodong hanya berteman suara masteran saja)
  3. Hari sabtu air minumnya kita campur dengan 1 tetes madu asli/secukupnya, namun untuk makanan nya milet putih saja.
  4. Pada hari Minggu (hari dimana kita akan melatih lovebird anakan untuk mengenal suasana perlombaan). Pagi bersihkan kandang, sisa makan dan minum kemudian setelah itu lanjut lovebird anakan bisa kita bawa ke lapangan/tempat latihan.
  5. Usahakan pilih nomor gantangan yang berada dipinggir karena tahap ini kita hanya akan melihat karakter serta mental burung apakah sudah bagus apa belum.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon