Ciri Fisik Lovebird Calon Ngekek Panjang Bahan Untuk Lomba

Memilih burung lovebird untuk tujuan lomba selain melihat dari gen indukan tetapi juga harus memperhatikan ciri-ciri fisik burung LB yang prospek, prospek disini dalam artian burung dapat kita rawat untuk tujuan lomba. Ciri fisik ini sangat berguna jika kita memilih burung LB prospek dalam ombyokan karena kita dapat melihat dan membandingkan langsung dengan burung LB yang lainnya.

Dalam memilih burung LB ombyokan yang prospek kita harus memperhatian 3 hal yaitu bentuk fisik, tingkah laku dan juga kesehatan burung tersebut karena kita tidak tau burung tersebut hasil ternakan siapa maka kita akan memprediksi dan memilih burung LB yang prospek menurut ciri fisiknya.


  • Pilih LB yang mempunyai belah dada
Lovebird yang mempunyai belahan didada seperti bulu yang tersingkap diyakini mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan yang tidak mempunyai belah didada. Kenapa demikian? apakah yang menyebabkan burung tersebut istimewa? menurut saya keistimewaan burung tersebut ya cuma bulu dada yang terbelah gak lebih.. heheee atau mungkin para pemain LB pemula mendapatkan info dari master LB dan langsung mempercayai sehingga lebih serius dan konsisten dalam merawat LB tersebut jadinya burungnya bisa gacor saat dilombakan. Jika belahan dada pada LB dapat membuat anda lebih serius dan konsten dalam merawat LB yang ingin dijadikan bahan lomba maka tidak ada salahnya memilih LB yang mempunyai ciri tersebut karena pada dasarnya kunci keberhasilan dalam merawat burung LB adalah mempelajari karakter dan perawatan yang konsisten.

  • Pilih yang suka menyendiri dan tidak takut jika kita dekati.
Burung LB yang tidak takut pada manusia lebih mudah untuk dirawat karena kita tinggal mencari setingan agar burung tersebut mau berkicau walaupun ada banyak orang. Jika anda membeli burung dalam ombyokan usahakan dipantau dengan cermat serta teliti, jika menemukan burung yang mau narik ngekek saat diombyokan itu bisa menjadi suatu pilihan.
  • Pilih yang kakinya agak besar, dan mencengkeram kuat.
Ciri fisik seperti ini diyakini kalau burung LB tersebut nantinya saat berkicau/ ngekek akan dapat nagen/ berdiri 1 titik kenapa demikian karena kaki besar menandakan burung yang kokoh dan kuat serta jika burung tersebut mempunyai kaki yang besar serta kuat maka dapat dipastikan otot atau tulangan burung juga besar dan itu membuat kita mudah untuk menjadikan burung lersebut lebih ngotot dan panjang durasi ngekeknya karena sudah ditunjang dengan otot dan tulang yang besar.
  • Pangkal paruh besar
Burung LB yang mempunyai pangkal paruh yang besar dapat mengeluarkan suara yang lebih keras serta dapat dipastikan lebih cerewet, untuk memilih burung LB yang mempunyai pangkal paruh besar tentunya harus ada beberapa burung untuk dijadikan perbandingan.
  • Mata besar dan melotot
Mata besar dan melotot bukan menjadi rahasia lagi kalau burung tersebut pasti mempunyai mental yang bagus serta sifat fighter. Untuk burung LB yang mempunyai mata sipit juga bagus karena biasanya dilihat dari beberapa burung yang mempunyai mata sipit dan kelihatan seperti burung yang sangat fighter.
  • Ekor yang agak panjang
Bentuk ekor ini saya rasa gak bisa dijadikan patokan untuk memilih LB bahan gantangan karena tidak ada hubungannya sama sekali gitu lo.. heheee yang penting ekornya rapi dan utuh gitu saja sudah cukup.. :p
  • Leher dan kepala besar
Burung yang mempunyai leher besar dan panjang diyakini dapat membawakan kicauannya secara panjang juga serta power yang dikeluarkan juga diatas rata-rata, untuk burung LB yang mempunyai leher besar tapi pendek biasanya burung tersebut hanya powernya saja yang besar tetapi durasinya kurang.
  • LB Sehat dan tidak ada gejala sakit.
Kesehatan burung LB yang menjadi kunci utama apakah burung yang kita rawat dapat berkicau atau hanya diam, jadi jangan sepelekan tentang kesehatan burung! Pastikan burung yang akan anda beli tidak ada cacat fisik dan juga dalam kondisi sehat karena jika burung yang anda rawat dalam keadaan sakit maka dapat dipastikan walaupun burung juara duniapun pasti akan macet bunyi dan berujung kematian.


Jika anda sudah menentukan pilihan seperti ciri-ciri diatas untuk langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan harian agar burung lebih rajin untuk berkicau serta melakukan latihan untuk melihat perkembangan burung lovebird yang sedang dirawat.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon