Atasi Suara Hilang Pada Pleci Karena Makan Kaper/ Serangga

Suara hilang pada burung pleci disebabkan oleh beberapa faktor, diantara beberapa faktor yang paling sering adalah dikarenakan burung tersebut kehabisan air minum dan burung pleci memakan serangga beracun seperti kaper atau kupu-kupu kecil. Kenapa pleci bisa memakan hewan tersebut itu bisa dikarenakan kita tidak memberikan krodong pada waktu malam hari dan kita meletakkan sangkar dekat dengan cahaya lampu karena biasanya hewan seperti ngengat tersebut suka beterbangan disekitar lampu.
pleci suara hilang makan serangga
Ketika pleci memakan serangga yang beracun dampaknya pasti pada kesehatan burung tersebut, bisa jadi burung akan mengembangkan bulu dan memejamkan mata seperti tidak ada tenaga. Kalau PC anda mengalami kejadian tersebut dan tidak segera memberikan pertolongan pertama dapat dipastikan burung akan mengalami suara serak dan yang lebih parahnya lagi kematian. Beberapa cara untuk mengobati pleci serak karena memakan kaper adalah sebagai berikut :
  • Berikan Obat Super N
Super N obat yang mudah ditemukan dikios pakan burung dan harganya juga relatif terjangkau, berikan 2 tetes langsung pada mulut burung bisa dilakukan 3 kali sehari sampai burung dirasa sudah sembuh.
  • Obat Ebodre produk dari Ebood
Obat ini juga bisa digunakan untuk mengobati pernafasan burung dan saya rasa produk ini lebih bagus daripada yang saya sebutkan diatas.
  • Air Larutan Penyegar
Berikan air larutan penyegar sebagai minuman hariannya, tapi tetap berikan salah satu obat diatas untuk mempercepat proses penyembuhan.
  • Semprot dengan air daun sirih
Penyemprotan dengan daun sirih ini selain untuk menghilangkan kutu tetapi jika airnya terminum oleh burung maka air rebusan daun sirih ini juga bermanfaat sebagai antiseptik untuk menghilangkan serak pada burung.

Sebenarnya banyak sekali obat-obatan yang bagus untuk menghilangkan suara serak tetapi terkadang obat tersebut tidak tersedia di kios pakan maka saya hanya sebutkan 2 obat itu saja. Selain memberikan obat seperti diatas perlu juga perawatan yang harus dilakukan agar burung lebih cepat sembuh dari serak seperti memberikan full krodong dan burung tidak boleh terkena sinar matahari yang terik. Cara diatas merupakan cara termudah untuk mengobati burung yang serak ataupun hilang suara, jika burung mengalami macet bunyi setelah melakukan perawatan tersebut maka langkah selanjutnya adalah Membuat Pleci Gacor Lagi Setelah Macet Karena Sakit.