12 Cara Bedakan Anakan Lovebird Jantan Betina Mulai Umur 1-2 Bulan

Burung Lovebird selain untuk ditangkarkan juga sebagai burung lomba yang peminatnya masih banyak sekali, terbukti pada setiap gantangan lomba kelas lovebird selalu full gantangan. Untuk membedakan kelamin lovebird anakan ataupun dewasa biasanya kita hanya bisa memprediksi saja padahal jika kita teliti maka kita dapat membedakan jantan atau betina lovebird secara akurat.

Untuk tujuan lomba biasanya kita memilih lovebird betina karena burungnya cenderung lebih gampang di setel dibandingkan lovebird jantan yang gampang birahi saat digantangkan. Untuk lovebird yang lebih gacor betina juga menjadi pilihan karena burung ini crewet sekali seperti istri saya.. heheheee

Langsung saja beberapa ciri-ciri untuk mengetahui jenis kelamin lovebird anakan ataupun dewasa sebagai berikut :

NB : Saya menjelaskan cara membedakan jantan n betina burung LB ini menggunakan banyak gambar, jika gambar tidak muncul coba ganti browser anda menggunakan google chrome.

1. Bentuk Lubang Hidung

Lubang hidung Lovebird untuk menentukan jantan atau betina dapat dilihat langsung dengan cara memegang burung tersebut lalu ditiup pada bagian hidung, jika hidung membentuk lonjong/oval maka dapat dipastikan jenis kelamin LB jantan dan jika hidungnya bulat lebar maka itu LB Betina.

2. Bentuk Paruh
Lovebird jantan memiliki bentuk garis putih paruh yang lancip sedangkan betina tumpul. Silahkan perhatikan pada gambar agar lebih jelas dan paham.

3. Ciri Fisik

LB jantan cenderung memiliki tubuh yang kecil sedangkan betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar. Kepala LB jantan juga berbentuk cepak, sedangkan betina berbentuk melengkung/ cekung. Untuk dapat membedakan harus ada beberapa burung untuk dibedakan.

4. Bentuk Sayap Saat Bertengger

Saat bertengger burung lovebird akan menutup sayapnya, perhatikan ujung sayap burung tersebut jika burung jantan ujung sayapnya akan menyilang rapat sedangkan betina ujung sayapnya tidak saling ketemu/ tidak menyilang. Cara ini dapat dilihat pada saat burung sedang posisi tenang dan diam.

5. Bentuk Ekor

Burung lovebird jantan mempunyai ekor yang lancip sedangkan betina bentuk ekornya melebar rata.

6. Cara Bertengger

Lovebird jantan mempunyai cara bertengger yang berbeda dengan betina, LB jantan bertengger dengan kaki yang rapat sedangkan betina kakinya agak melebar ngangkang.

7. Tingkah Laku Saat Birahi
LB BIRAHI MBEBEKI DAN GESEK TANGKRINGAN

Lovebird jantan biasanya berdiri di dekat Lovebird betina sambil manggut-manggut. Kemudian, Lovebird jantan akan mengeluarkan suara tek tek tek atau cit cit cit (satu ketukan suara). Terkadang, Lovebird jantan juga melompati Lovebird betina, mondar-mandir memanggil pasangan, meloloh Lovebird betina, gesek-gesek tangkringan, dan menaiki tubuh Lovebird betina.

Sementara, Lovebird betina akan merunduk dan membuka sayapnya lebar-lebar. Orang Jawa menyebut tingkah laku seperti ini posisi ngleper. Selain itu, Lovebird betina juga suka menggigit benda-benda di sekitarnya.

UPDATE!!!
Perilaku gesek tangkringan dan mbebeki ternyata bisa dilakukan oleh LB jantan maupun betina. Perhatikan poto diatas! itu 1 burung yang sama dengan tingkah mbebeki dan juga gesek tangkringan. Jadi tidak bisa dibuat patokan untuk membedakan kelamin lovebird seperti ini.

8. Cara Membangun Sarang

Saat membangun sarang, di antara Lovebird jantan dan betina yang paling aktif adalah Lovebird betina. Lovebird betina akan mengambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang. Sedangkan, Lovebird jantan hanya memberikan kulit kayu kepada Lovebird betina.

9. Tulang Supit
Pada Lovebird jantan, jarak antar dua tulang pubis akan terasa menyempit jika diraba. Untuk Lovebird betina, tulang pubisnya lebih elastis dan jarak antar kedua tulang pubis tersebut lebih lebar, kira-kira seukuran jari tangan manusia.

10. Memakai Cincin Emas/ Jarum
Cukup sediakan cincin emas atau jarum dan benang. Gantung cincin pakek benang, pegang burung dan letakkan cincin yg tergantung diatas kepala, awal dempetkan tarik keatas perlahan sampai magnet di burung mulai terlihat. Usahakan tetap tenang dan burung kepalanya satu arah jangan sampek tolah toleh. Betina cincin akan berputar sedangkan Jantan akan maju mundur.

11. Tes DNA Lovebird dengan keakuratan 99%
Jenis kelamin Lovebird dapat dibedakan menggunakan DNA yang diambil dari bulu atau darah. Keakuratan tes DNA diklaim mencapai 99 persen. DNA adalah singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung jantan dan betina.
Dengan perbedaan DNA inilah, Anda bisa tahu mana Lovebird jantan dan betina. Anda dapat melakukan tes DNA di laboratorium dengan biaya yang cukup mahal.

UPDATE!!!
12. Lubang/ Bentuk Kloaka/ Anus/ Silit Lovebird

Lovebird jantan memiliki kloaka yang lebih panjang daripada LB betina. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar saja.

Itulah 12 cara untuk membedakan jenis kelamin lovebird, jika ada pertanyaan ataupun tambahan untuk menentukan jantan betina Lovebird anakan silahkan tulis pada kolom komentar.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon