Setelan Umum Kolibri Ninja Sebelum Lomba

Burung kolibri ninja yang sudah siap gantang ditandai dengan tingkat kegacoran burung tersebut, jika burung pada hariannya masih berkicau dengan kurang semangat alias kurang ngotot maka perlu mencari setingan lagi agar burung mau berkicau dengan lantang, jika dalam hariannya burung sudah lot ataupun berkicau dengan full buka paruh serta mengeluarkan isiannya maka minggu depan boleh dicoba untuk diperkenalkan pada arena lomba.

Sebelum membawa burung kearena lomba perlu diperhatikan tentang perawatan kolibri sebelum dicoba kegantangan karena dengan perawatan harian yang tepat diharapkan burung saat digantang tidak demam pangung dan dapat berkicau dengan lantang serta mengeluarkan isiannya.

Kolibri ninja juara biasanya mendapat perawatan khusus dibandingkan kolibri bahan yang lain, berikut setelan yang biasa saya lakukan seminggu sebelum kolibri naik gantangan.
  • Seminggu sebelum dilombakan usahakan burung tidak melihat burung sejenis karena bisa membuat gembos atau kurang emosi saat digantangkan nanti
  • Perawatan masih seperti setelan hariannya, tetapi 3 hari sebelum lomba dimulai burung harus full krodong.
  • 3 hari menjelang lomba burung hanya dijemur sebentar dan juga pemberian pakan berupa kroto ditambah dari porsi sebelumnya.
  • Berikan full madu selama 3 hari berturut-turut, gunanya untuk menaikkan emosi karena madu bersifat panas tapi tetap sediakan air putih pada cepuk tersendiri.
  • Jika kolibri anda menggunakan cewekan maka sebelum gantang wajib dicas dan betina juga dibawa ke arena lomba.
  • Sebelum lomba dimulai angin-anginkan sebentar kolibri ninja sambil kita amati apakah birahi sudah pas apa belum, jika dirasa masih kurang birahi maka tetap tempel dengan cewekan (disatukan dalam 1 kandang) dan juga dikasih kroto segar sebelum naik gantangan.
Kunci keberhasilan setingan kolibri ninja menjelang lomba ini terletak pada pengkondisian sebelum lomba dan juga racikan pakan yang pas.