Merawat Kolibri Ninja Sedang Mabung

KOlibri Ninja Ganti BuluPergantian bulu pada burung kolibri ninja itu wajar terjadi, biasanya pada fase pergantian bulu ini para kicau mania memberikan perawatan kusus untuk burung kesayangannya agar proses mabung berjalan lancar dan bulu baru dapat tumbuh dengan sempurna dan cepat.

Kolibri ninja yang sedang mabung jangan sampai dijemur terlalu lama atau malah jangan dijemur sama sekalai agar bulu tua cepat rontok. Untuk lebih jelasnya tentang cara perawatan kolibri ninja yang sedang mabung akan kami jelaskan dibawah ini.
  • Burung Jangan Dijemur
Kenapa burung tidak boleh dijemur itu bertujuan agar pori-pori terbuka dan menyebabkan bulu tua cepat rontok.
  • Berikan Madu Murni 
Madu murni sebagai makanan untuk burung kolibri ninja, karena madu bersifat panas maka proses perontokan bulu pada burung akan berjalan lebih cepat.
  • Beri makan kroto lebih banyak
Memberikan kroto lebih banyak bertujuan untuk mempercepat tumbuhnya bulu baru serta membuat bulu baru lebih mengkilat dan juga lebih sehat
  • Berikan full krodong
Full krodong pada saat mabung bertujuan agar burung lebih banyak istirahat dan juga membuat udara lebih panas dan lembab. memberikan tutup krodong pada sangkar juga bertujuan untuk membuat burung diam dan hanya mendengarkan.

  • Memaster Burung
Waktu mabung adalah waktu yang tepat untuk memaster burung karena burung akan lebih banyak diam dan mendengarkan sehingga suara isian akan lebih cepat masuk. Masteran yang tepat untuk burung kolibri adalah burung kenari, lovebird dan juga cucak jenggot.

Proses mabung pada kolibri biasanya cukup cepat yaitu sekitar satu bulan, jika burung anda mengalami susah mabung ataupun mabung tidak tuntas maka perlu perawatan yang lebih seperti menyemprotkan air kelapa kepada burung yang bertujuan agar kolibri ninja cepat mabung.