Hilangkan Bedes atau Balon Kacer Lomba

Tags

kacer mbedes, kuda laut, mbagong, mbalon, nangkurMerawat burung kacer dengan tujuan lomba harusnya sudah paham dengan karakter kacer yang fighter dan juga teritorial, burung ini akan mengeluarkan suara kicauan dan juga gaya bertarungnya yang membuka ekor bila dalam kondisi birahi yang pas tetapi jika dalam kondisi over birahi ataupun kalah mental terkadang burung ini akan mbedesi atau juga sering disebut mbalon.

Bedes/ bedesi/ nangkur/ nguda laut/ mbalon pada burung kacer sering terjadi jika birahinya memuncak dan sering terjadi jika mendengar burung sejenis mengeluarkan isian yang tidak diketahui oleh burung tersebut. Bedes juga sering terjadi karena burung dalam kondisi sakit/ kurang sehat dan juga kalah suara dan isian maka dari itu burung poci lomba harus dimaster dengan beberapa jenis burung dan juga sering dibawa kearena lomba untuk mencari setingan yang pas.

Biasanya para pemain kacer membuat burungnya mbedes terlebih dahulu baru digantangkan, kenapa demikian karena burung akan lebih stabil dalam berkicau karena mbedesnya sudah dibuang diawal. Untuk membuat burung kacer mbedes silahkan diotak-atik setingannya sendiri, untuk memahami dan mengatasi mbedes pada kacer silahkan disimak berikut ini :

  •  Over birahi
Penyebabnya : Settingan EF terlalu tinggi, terlalu banyak jemur,terlalu sering di mandikan, terlalu sering diTrack.
Tanda2 over birahi : maen ngotot berujung mbagong, maen ngejar lawan dan nabrak sangkar dan akhirnya berujung jadi KC kanibal.Cara ngatasinnya : EF dikurangi, KC di kerodong, Track secara berkala, jauhkan dari suara burung figter, terapi di embunkan, mandi teratur, di asingkan. Cara extrim kasih burung kecil2, di treck dari jarak yg dekat biarkan maennya nempel ruji kemudian sedikit demi sedikit di jauhkan sampai gantangan sesuai dengan semestinya hingga maennya stabil.


  •  Kalah mental
Penyebabnya : belum cukup umur, mental satandar, kalah mental karna mendengar perbedaan materi yg mencolok.
Tanda-tandanya : maen sebentar kemudian mbagong dan cuma loncat2 atau diam sambil bagong tampa ada perlawanan hingga akhir.
Cara mengatasi : tunggu umur sampai mapan, kalau ditrack partai kecil (1-5 sangkar) lawan harus KC yg standar, kurang materi kicau harus di tambah masterannya, takut dengan bunyi burung/ suara sesuatu jauhkan dan jangan sampai di dengar kacer, atau bisa di biasakan mendengara suara yg ditakuti sampai terbiasa.
  •  KC tidak Vit/ Kurang Sehat
Penyebabnya : perawatanyang tidak teratur dan sakit
Tanda-tandanya : KC malas bunyi, masuk masa mabung, maen sebentar lalu ngetem lalu mbagong.
Cara mengatasinya : perawatan harus teratur (Mandi, jemur, EF, kandang hrs bersih, di umbar), menjaga stamina harus di krodong + vitamin dan ditrack secara berkala.
  • Terlalu jinak
Penyebabnya : rawatan dari anakan, di biasakan di kasih ef dari tangan, sering dimaenkan dengan tangan hingga sayap turun dan ngeleper. akhirnya manja dan malas untuk bertarung saat di track.
Caramengatasi : KC rajin di umbar, biasakan ngasih EF janga dari tangan di taruh langsung di dalam cepuk tempat makan, di gantang ditempat yg sepi, di kerodong dan di jemur sambil di gantang di tempet yg tinggi jangan di bawah.

Itulah beberapa yang menyebabkan kacer mbedes, yang terpenting dalam merawat kacer harus memperhatikan setelan hariannya dan juga kondisi burung itu sendiri. Jika burung dalam keadaan kurang sehat jangan dipaksakan untuk gantang.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon