Bedakan Trotolan Kacer Jantan dan Betina

Membedakan trotolan kacer poci jantan dan betinaMembedakan kelamin burung kacer poci saat masih anakan memang sedikit susah karena kalau dilihat secara kasat mata sama sekali tidak ada perbedaan. Trotolan kacer yang sudah bunyi ngeplong pun belum tentu jantan karena betina juga bisa ngeplong, trus bagaimana kita bisa membedakan jantan dan betina anakan burung kacer?

Anakan kacer jantan memiliki bulu yang lebih gelap dan lebat sedangkan betina bulu dada berwarna trotol ke abu-abuan, kepala poci jantan berbentuk cepak serta badan yang panjang proposional. Memilih anakan kacer jantan akan lebih mudah jika ada beberapa anakan karena kita bisa membandingkan antara satu dan yang lainnya.

Beberapa cara untuk membedakan anakan kacer jantan betina sebagai berikut :

  • Trotolan kacer jantan memiliki kepala lebih cepak daripada trotolan betina
  • Warna paruh anakan kacer jantan berwarna lebih hitam dan gelap
  • Postur tubuh kacer anakan jantan lebih panjang sedangkan betina bulat pendek
  • Bulu trotolan jantan memiliki bulu-bulu yang lebih padat, tebal, dengan warna yang lebih gelap (akurasi sekitar 80 %)
  • Lidah pada kacer jantan, terdapat 1-2 titik hitam (black spot) di bagian tengah atau pinggir lidahnya. Black spot tidak dijumpai pada lidah kacer betina (akurasi sekitar 95 %)
  • Punggung pada kacer jantan, warna hitam di bagian belakang / punggungnya berkilau kebiruan. Tapi tidak sedikit pula kacer betina, ketika umurnya sudah lebih dari 5 minggu, juga memiliki tengara seperti ini (akurasi sekitar 50 %)
Diatas merupakan pengalaman pribadi untuk memilih trotolan kacer jantan prospek untuk perawatan hariannya cukup dengan memberikan voor dan jangkrik setiap harinya tapi kalau ingin kacer poci menjadi gacor silahkan baca artikel kami yang lain tentang Rawatan Kacer Poci Cepat Gacor dan Buka Ekor, jika anda kurang yakin dengan pilihan anda maka mintalah jaminan jantan kepada penjual jadi burung bisa ditukarkan lagi jika yang anda pilih adalah kacer betina.