Cara Pemasteran Cucak Ijo Cepat Masuk

Pemasteran burung cucak ijo bakalan merupakan proses untuk membuat burung dapat menirukan suara burung lain, biasanya para kicaumania memberikan suara master langsung dari burung masternya ataupun dengan rekaman mp3 masteran yang diputar setiap hari. Menurut saya pribadi menggunakan burung masteran asli lebih cenderung cepat untuk ditirukan karena suara yang dihasilkan lebih jelas dan memiliki irama hentakan yang dapat diserap langsung oleh burung yang dimaster sedangkan jika menggunakan perangkat audio kita harus pintar memilih waktu yang tepat untuk memulai proses pemasteran dan memilih file suara yang memiliki kualitas yang baik serta harus sedikit diedit agar memiliki waktu jeda jadi file tidak terus-terusan berbunyi yang seringkali mengakibatkan burung yang dimaster menjadi stress.
Cara Cepat Memaster Burung Cucak Ijo Agar Cepat Masuk

Cara efektif memaster cucak ijo menggunakan burung master asli dengan cara meletakkan burung master didekat burung yang dimaster biasanya saya menggunkan jarak paling dekat 2 meter serta burung cucak ijo yang saya master dalam keadaan di krodong. Burung masteran wajib untuk cucak hijau menurut saya adalah burung Cucak Jenggot, Burung Greja, Cililin, Love Bird, Ciblek Kebun, dan Kenari. Menurut saya suara burung tersebut sudah cukup untuk dijadikan isian burung cucak ijo karena suara yang dominan kasar dan nembak.

Memaster cucak ijo dengan mp3 juga dapat dilakukan kalau kita tidak memiliki burung master caranya dengan cara memilih waktu yang tepat untuk pemasteran serta jarak perangkat audio masteran jangan terlalu dekat dan suara masteran jangan terlalu keras. Gunakan maksimal 3 audio masteran saja contohnya burung greja disambung burung cucak jenggot lalu cililin dan setiap satu file audio harus ada jeda. Gunakan krodong pada saat memaster dengan menggunakan file mp3.

Untuk lebih jelasnya akan saya tuliskan beberapa cara untuk memaster cucak ijo trotol agar cepat masuk seperti berikut ini.
  1. Tempat pemasteran yang tenang membuat burung cucak ijo lebih cepat merekam suara masteran karena tidak ada gangguan dari suara lain seperti suara mobil ataupun motor. Biasanya saya memaster burung cucak hijau dibelakang rumah karena sepi dan banyak burung liar juga yang cocok untuk suara masteran seperti burung prenjak dan burung trucukan.
  2. Jarak ideal pemasteran antara 2 - 4 meter karena dalam jarak tersebut suara akan terdengar lebih jelas sehingga memudahkan burung mengingat suara masteran.
  3. Jika menggunakan burung asli waktu yang cocok untuk memaster yaitu pada setiap saat sedangkan kalau memakai perangkat audio mulailah memaster burung dari jam 12 siang sampai besok pagi karena menurut saya pagi hari burung cucak ijo juga ingin berkicau seperti burung yang lainnya.
  4. Pilihlah karakter suara yang cocok untuk burung anda karena ini salah satu kunci sukses pemasteran cucak ijo.
  5. Saat burung nyulam atau mabung waktu yang paling tepat untuk memaster burung cucak ijo, akan tetapi bukan berarti kalau gak nyulam gak bisa dimaster.
  6. Burung cucak hijau cepat menirukan suara masteran tetapi terkadang juga mudah lupa dengan suara masterannya maka dari itu sering perdengarkan atau ditempel dengan burung masteran sepanjang waktu agar cucak ijo lebih fasih dalam menirukan suara masteran.
  7. Pastikan yang anda master adalah burung cucak hijau jantan karena yang berjenis kelaim jantan dapat lebih banyak menirukan suara masteran. Untuk itu baca artikel kami mengenai Cara Bedakan Jantan dan Betina Cucak Ijo Kuningan pada artikel sebelumnya.
Menurut saya cukup dengan beberapa cara diatas untuk memaster burung cucak ijo mini ataupun ijo jenis lain yang terpenting adalah konsisten dan sabar dalam merawat makhluk hidup. Jika burung dirawat dengan sabar dan telaten maka dapat dipastikan burung tersebut akan membuat kita menjadi terhibur juga.