Atasi Cucak Ijo Salto Dengan Cepat

Merawat burung cucak ijo memang sangat menyenangkan untuk penghobi seperti saya karena suaranya yang merdu untuk didengarkan serta perawatan yang mudah menjadikan burung ini sebagai primadona dalam dunia kicau. Kelas lomba selalu full gantangan menandakan banyak peminat yang membuat harga burung cucak ijo ini stabil. 

Dalam perawatan burung ini tentunya ada kendala juga yaitu tentang kebiasaan salto yang mungkin disebabkan oleh proses penjinakan yang kurang tepat serta menirukan burung lain yang suka salto seperti burung ciblek. Hal yang menyebabkan burung cucak ijo suka salto antara lain adalah ukuran sangkar yang terlalu besar, model dan ukuran tangkringan, burung bahan masih giras, menirukan burung lain dan burung dalam keadaan stress. 

Jika anda mengetahui burung anda menjadi salto maka segera berikan rawatan khusus untuk mengurangi dan bisa juga menghilangkan salto pada burung cucak ijo dengan beberapa cara seperti dibawah ini :
  1. Jika anda mengetahui burung anda mulai salto maka amatilah kenapa burung tersebut mudah salto, apakah karena ukuran sangkar yang terlalu besar atau burung sedang takut sesuatu. Butuh beberapa waktu untuk mengamati agar cara yang digunakan untuk menghentikan salto lebih tepat.
  2. Berikan full krodong agar burung menjadi tenang dan menghentikan kesukaan saltonya.
  3. Periksa tangkringan apakah ukurannya sudah sesuai dengan cengkraman kaki burung dan pilhlah posisi tangkringan yang tepat atau bisa juga menambahkan jumlah tangkringan.
  4. Mandikan dengan cara disemprot dari atas. Cara ini memberi rasa takut pada burung cucak ijo untuk mencoba salto keatas.
  5. Berikan beberapa karet gelang yang diikatkan diatas tangkringan. Tuujuannya jika burung mencoba salto maka akan tersandung oleh karet tadi dan memberikan efek jera.
  6. Berikan tutup pada atas sangkar. Cara ini juga membuat burung takut untuk salto keatas.
  7. Jauhkan dari burung lain yang suka salto sebab selain burung ini pandai menirukan suara burung lain dia juga suka menirukan tingkah salto burung lain juga.
  8. Umbar burung pada sangkar umbaran yang besar, selain untuk melatih pernafasan sangkar umbaran juga bermanfaat untuk terapi burung cucak ijo agar lupa kebiasaan saltonya.
  9. Berikan vitamin agar burung cucak ijo anda dalam keadaan sehat
Jika burung anda masih giras dan belum jinak maka baca terlebih dahulu artikel kami sebelumnya tentang Cara Cepat Menjinakkan Cucak Ijo Bahan.
Diatas adalah beberapa cara menghiangkan kebiasaan salto cucak ijo. Kunci keberhasilan dalam merawat burung adalah sabar dan konsisten karena setiap cara membutuhkan waktu dan tidak dapat secara instan.