Agar Cucak Ijo Bahan Mudah Jinak

Membuat jinak burung cucak hijau mempunyai tujuan agar burung tersebut tidak takut pada lingkungan manusia karena biasanya burung yang jinak cenderung gacor dan cocok untuk pajangan dirumah. Cucak ijo bahan atau gropyokan pasti masih klabakan kalau melihat manusia disekitarnya maka dari itu perlu terapi untuk menjinakkan burung cucak ijo.

Burung cucak ijo yang stress juga dapat menjadi giras maka perlu cara untuk menghilangkan stress dan girasnya dengan cara mandi malam salah satunya. Untuk lebih lengkap mengenai cara menjinakkan cucak ijo agar tidak takut manusia sebagai berikut menurut pengalaman pribadi saya..

Tekhnik Pemberian Pakan
Cara Jinakkan Cucak Ijo BahanCara yang saya rasa ampuh untuk mengatasi burung cucak ijo yang masih giras yaitu dengan cara membatasi pemberian pakannya jadi burung tersebut akan bergantung kepada kita dan lama kelamaan pasti burung tersebut tidak akan takut pada kita. Contohnya berikan jangkrik langsung dari tangan kita kalau belum mau tusuk jangkrik pakai lidi kemudian kalau sudah mau perpendek ukuran lidi sampai burung cucak ijo mau makan jangkrik dari tangan kita. Cara ini cukup efektif menurut saya tetapi terkadang burung cucak ijo hanya akan jinak kepada kita karena sudah sering ketemu saat memberi makan tetapi saat ketemu dengan orang asing mungkin burung ini masih lompat kesana kesini karena masih belum begitu jinak.

Menaruh Sangkar Pada Tempat Yang Ramai
Penempatan sangkar sangat berpengaruh pada cara ini, letakkan sangkar pada tempat yang sering dilalui orang, itu bertujuan agar burung mudah beradaptasi pada lingkungan manusia dan tidak takut pada manusia.

Pemandian Yang Rutin Sampai Basah Kuyup
Cara memandikan burung cucak ijo biasanya dengan cara mandi keramba tetapi burung bahan pasti belum mau masuk keramba maka dari itu gunakan alat semprot untuk memandikan burung ini sampai basah kuyup tujuannya agar burung ini menjadi diam dan kita tungguin saja sampai bulunya kering baru kita gantangkan pada tempat yang ramai. Jika burung belum mau mandi keramba sebaiknya dilatih agar burung lebih mapan dan jinak.

Pengkrodongan
Tujuan memakai krodong disamping burung terhindar dari gigitan nyamuk dan memakan serangga beracun adalah membuat burung lebih cepat jinak karena burung akan terbiasa dengan kain dan aktifitas kita.

Baca artikel sebelumnya tentang Membedakan Trotolan Cuak Ijo Jantan dan Betina serta Perawatan Harian Cucak Ijo untuk melengkapi pengetahuan anda tentang burung ini.
Beberapa cara untuk membuat jinak burung cucak ijo yang sering saya terapkan pada burung bahan yang baru dibeli, jika ada yang ingin menambahkan silahkan tulis pada kolom komentar pasti nanti akan saya update untuk menambah pengetahuan sesama kicau mania. Terima kasih...

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon