7 Cara Ampuh Atasi Pleci Salto

Cara atasi pleci ombyokan saltoMengatasi burung pleci yang suka salto memang membutuhkan waktu yang lumayan lama karena kita harus tau kenapa burung tersebut suka salto, apakah dari sangkar yang terlalu besar/ kecil, atau dari tangkringan yang ukuran serta penampatannya yang salah atau malah karena burung tersebut sedang mengalami stress akibat diganggu hewan lain ataupun yang lainnya.

Kebiasaan pleci salto memang kurang enak untuk dilihat, kesannya seperti burung yang belum mapan dan giras.. tetapi ada juga burung yang suka salto tetapi kalau sudah mengeluarkan isian burung tersebut langsug anteng dan nagen jadi beda burung beda karakter ya.. :)

untuk mengatasi burung perci yang suka salto ada beberapa cara yang sering saya terapkan diantaranya memberikan tutup pada sangkar bagian atas gunanya agar burung tidak loncat kebagian atas. Untuk lebih lengkapnya cara untuk mencegah pleci salto sebagai berikut :
  1. Pencegahan agar burung tidak salto yang disebabkan stres adalah dengan menutup bagian atas sangkar ketika kita mendapatkan burung baru, terutama ketika kita mulai melatih menjinakkannya.
  2. Umbar di sangkar yang besar agar burung lupa dengan kebiasaan saltonya.
  3. Burung yang suka menarik ke belakang kepalanya, sampai mendongak hampir jatuh dan mendorong dia salto untuk mendapatkan keseimbangan, bisa disebabkan oleh karena kekurangan mineral magnesium (Mg). Kekurangan mineral ini menyebabkan burung sangat berisiko terkena beberapa gangguan seperti bulu lembek, pucat tak berkilau sehabis mabung, rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal), paralysa (lumpuh), perosis (tumit bengkak), burung menetas mati, urat keting (tendo), terlepas sendi (luxatio), paruh meleset, kekurangan darah sehingga pucat dan lemah, dan kematian embrio tinggi.
  4. Kasih karet gelang pada atas tangkringan agar burung pleci saat salto mengenai karet tersebut dan kapok untuk salto lagi.
  5. Ubah ukuran tangkringan, cari yang pas untuk genggaman pleci.
  6. Ubah posisi tangkringan.. kalau saya biasanya 1 tangkringan di atas dan 2 dibawah dengan posisi sejajar. Cara ini bisa sebaliknya 1 dibawah dan 2 diatas.
  7. Semprot dari atas, jangan dibiasakan memandikan burung dengan cara disemprot pada bagian samping.
Burung pleci yang suka salto biasanya burung yang masih belum mapan dan nyaman pada sangkarnya ataupun pada lingkungan barunya maka buatlah burung senyaman mungkin dengan cara menaruh sangkar ditempat yang sepi terlebih dahulu ataupun dengarkan suara gemercik air.

Artikel Terkait

1 komentar so far

Jadi ingat dulu waktu masih gila-gilanya pelihara burung, sampek duit gajian ludes dibelikan burung, namanya juga hobi. dari cucak ijo, murai batu, kacer (en), pleci, pentet, kapas tembak. tapi yang paling gak berhasil itu waktupelihara pleci, perasaan udah habis 6 ekor, yang 2 lepas, 2 mati, 2 saya kasih saudara. jadi belum sempat melihat pleci salto. kalau pentet sih sering ngelihat saltonya. paling disemprot juga sembuh

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon