Bedakan Ciblek Sawah Jantan dan Betina

Cara membedakan jantan dan betina Cici PadiCiblek Sawah (Ciwah) memiliki peminat yang gak kalah dengan burung Ciblek Kebun dan Ciblek Gunung. Burung ini hanya dijadikan burung master saja karena suaranya yang nembak nge klik panjang yang cocok untuk masteran burung pleci dan burung lainnya. Burung ini bersarang di batang tanaman padi dan juga pada daun tebu, untuk membedakan jenis kelamin burung ciblek sawah ini memang sediki agak susah kalau dapatnya masih anakan/ trotolan karena ciri fisik jantan dan betina hampir sama.

Burung Prenjak Pari ini mempunyai suara yang khas yaitu klik klik klik klik krek krek kreek kreekkk yang dapat dimanfaatkan untuk memaster burung lain. Untuk jantan kalau tidak salah mempunyai 3 variasi suara yaitu Klik klik klik.. Krek krek kreekk dan Ngebrem tetapi untuk betina hanya ngekrek saja Krek krek krek krekk..

Bedakan jantan dan betina burung cici padi ini mudah kalau kita dapatnya dari dewasa / tangkapan liar karena sudah ada ciri fisik untuk membedakan jantan atau betinanyaa, untuk lebih rincinya silahkan dibaca beberapa perbedaan fisik burung tersebut.

  • Pilihlah bakalan burung ciblek sawah yang paruhnya berwarna hitam di bagian ujungnya, karena burung ini paruhnya dominan berwarna putih kecuali bagian ujung paruh sebagai penanda itu adalah burung berkelamin jantan.
  • Pilihlah bodi burung yang panjang dan lebih besar diantara gerombolan ciblek sawah
  • Amati juga ekor yang panjang dan bersusun, yang menandakan keserasian dan kegagahan se ekor burung ciblek pari.
  • Amati dalam waktu yang lama dan pastikan burung yang anda pilih memiliki gairah hidup yang tinggi ditandai dengan rajin makan dan berkicau walaupun masih jarang.
Itulah beberapa ciri-ciri dari ciblek sawah jantan, yang paling pasti lihatlah ujung paruh bagian bawah yang berwarna hitam dan juga ekor yang panjang dan bersusun rapi karena itulah ciri ciblek jantan.