Cucak Ijo Banyuwangi asli seperti ini

Cucak ijo banyuwangi alas purwoApakah anda penggemar cucak ijo sejati? kalau iya apakah anda dapat mengetahui cucak ijo yang berasal dari daerah Banyuwangi? Pastinya sangat sulit untuk membedakan cak ijo lokal jawa ataupun kalimantan karena memang tampilannya sekilas sangatlah mirip. Asal dareah burung ini menurut saya tidak untuk membedakan suara ataupun mental burung karena tiap burung mempunyai mental dan suara yang berbeda-beda. 

Burung cucak ijo yang berasal dari banyuwangi katanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar tetapi faktanya dipasaran burung yang berasal dari sumatra dan kalimantan juga mempunyai body besar, jadi apakah yang menjadiciri khas cucak ijo banyuwangi ini?

Di Kabupaten Banyuwangi terdapat habitat burung cucak ijo yang tersebar diberbagai daerah, sebagai contoh di daerah alas purwo, alas songgon, kaki gunung ijen, dan alas pesanggaran. Dari berbagai daerah tersebut para kicau mania lebih menyukai burung yang berasal dari alas purwo karena mereka sudah membaca banyak artikel dan tersugesti kalau burung cucak ijo yang berasal dari alas purwo itu mempunyai mental dan suara kicauan yang bagus, tetapi menurut saya itu tidak!!! heheee burung mempunyai mental karena karakter burung itu sendiri bukan karena daerah asal burung tersebut, kalau untuk suara yang bagus itu kemungkinan besar karena rawatan harian dan masteran yang cocok oleh empunya burung tersebut.

La trus bagaimana ciri-ciri cucak ijo banyuwangi tersebut??? yawislah langsung saja disimak seperti dibawah ini :
  • Memiliki ukuran tubuh yang panjang dan agak melengkung. Jika anda bandingkan dengan CI jenis lain, anda akan tahu secara jelas. Namun CI Jawa Timur juga ada yang berpostur kecil, namun tetap panjang.
  • Memiliki warna hijau yang jelas dan terang. CI jenis lain cenderung hijau kekuningan.
  • Memiliki warna biru disayap bagian atas dan dibawah paruh.
  • Memiliki bulu ekor yang lebih panjang. Ekor CI Banyuwangi melengkung dan lentur.
  • Jika sedang ngentrok, jambul akan berdiri (jegrik/jegrak) dan gayanya atraktif.
  • Memiliki kicauan yang kurang bervariasi dan kurang tajam (jika tidak sedang diadu).
ciri-ciri diatas saya ambil dari internet juga sih karena saya sendiri masih bingung bedakan cucak ijo banyuwangi atau kalimantan soalnya jika dilihat sekilas tampak mirip. Gak usah pusing tentang asal daerah burung anda yang terpenting carilah yang berpostur panjang dan berparuh tebal karena dapat dipastikan burung tersebut dapat membawakan suara kicauan dengan rajin dan keras.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon