Rawatan Pleci Mabung Tetap Ngalas

Semua jenis burung pleci pasti mengalami masa mabung atau ganti bulu, terkadang kita khawatir jika bulu burung kusam ataupun perlahan jatuh tetapi jangan terlalu khawatir karena itulah ciri-ciri burung mau mabung. Pada waktu rontok bulu adalah saat yang tepat untuk memaster burung pleci karena dalam kondisi tersebut burung ini cenderung akan diam sambil merekam suara burung master. Rawatan Pleci Mabung ataupun Nyulam tentunya berbeda dengan burung lainnya karena burung pleci merupakan burung koloni walaupun dalam keadaan ganti bulu harus tetap selalu didekatkan dengan burung pleci lainnya agar burung kacamata ini tidak stres.

Pleci Nyulam Mabung
Sebelum pleci mengalami mabung total burung akan sering terlihat mengelembungkan bulu-bulunya (sering berbentuk bulat mengembangkan bulunya). Pada bagian leher burung pleci sampai dengan kepala akan terlihat bulu-bulu berwarna putih seperti bulu jarum. Jika pleci anda mengalami seperti itu bisa dipastikan burung anda akan mengalami ganti bulu/mabung, untuk itu lakukan perawatan harian pleci cepat tuntas mabung seperti berikut ini..
    Pleci Rontok Bulu karena kebanyakan Ulat Hongkong
  • Jika sudah terlihat tanda-tanda burung mengalami mabung maka berilah rawatan full krodong untuk mempercepat proses rontok bulunya.
  • Berikan tambahan makanan yang bergizi untuk mempercepat rontok ataupun tumbuhnya bulu baru pada burung pleci.
  • Tetap koloni burung pleci untuk menghindari stres
  • Pada proses penumbuhan bulu burung sudah bisa dimandikan dengan air biasa pengkrodong kurang berpengaruh pada masa ini burung sudah bisa dimasteri.
  • Jemur burung 15 menit perhari serta tinggkatkan penjemura pada hari hari berikutnya pemberian Extra Fooding bisa diperbanyak karena pada masa ini burung memerluka nutrisi & protein yg lebih untuk memulihkan setamina serta rekondisi kesehatan burung setelah masa perontokan.
Jika pleci anda mengalami macet bunyi setelah mabung silahkan baca artikel kami tentang Atasi Pleci Macet Setelah Mabung.
Kesimpulannya adalah berilah pakan yang mencukupi untuk pertumbuhan bulu baru pada burung pleci, rawatlah secara sabar dan konsisten agar pleci merasa nyaman dan tidak stres dalam masa mabungnya. Demikian artikel tentang Pola Rawatan Pleci Mabung jangan lupa baca artikel sebelumnya tentang Rawatan Harian Pleci Cepat Lasrol. Terima Kasih.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon