Ciri Paruh Pleci Yang Baik

Bentuk Paruh Pleci yang bagus panjang tebal lurusMemilih bakalan pleci untuk dirawat tentunya harus dengan kriteria yang khusus agar burung dapat berkicau dengan merdu nantinya, selain memilih badan yang proposional serta pemiihan kelamin pleci tentu saja kita harus melihat bentuk paruh burung ini, karena bentuk paruh pleci yang bagus sangat menunjang pleci untuk melantunkan kicauannya dengan baik.

Langsung saja berikut ciri paruh dan pangkal paruh pleci yang mampu berkicau dengan baik..!
  1. Pangkal paruh lebar dengan paruh atas tebal, panjang dan lurus menandakan burung bisa mengeluarkan suara sangat keras dengan lagu yang panjang dan variasi yang banyak. Namun, burung tidak terlalu gacor (tidak receh).
  2. Pangkal paruh lebar dengan paruh atas tebal, agak pendek, dan lurus menandakan burung tipe ngerol dengan volume suara yang sangat keras. Tipe paruh seperti ini umumnya burung mudah gacor.
  3. Pangkal paruh lebar dengan paruh tipis, panjang, dan lurus menandakan burung sangat responsif terhadap bunyi. Bisa melagukan lagu yang panjang-panjang secara kontinu dengan berbagai variasi. Tipe paruh seperti ini umumnya burung mudah menjadi sangat gacor.
  4. Pangkal paruh lebar dengan paruh melengkung, baik tebal tipis maupun panjang pendek, menandakan burung berlagu pendek-pendek dan minim variasi. Tipe paruh seperti ini umumnya burung mudah untuk menjadi sangat gacor.
  5. Pangkal paruh sempit dengan paruh tipis, panjang, dan lurus menandakan burung adalah bertipe lagu pendek-pendek dan tidak bisa melagukan kicauan dengan harmonis. 
Berikut diatas adalah Ciri bentuk paruh pleci jantan yang baik, disamping itu rawatan harian pleci juga sangat berpengaruh untuk menjadikan burung tersebut mudah gacor.