Cara Pemasteran Pleci Yang Benar

Cara Pemasteran burung Pleci Dengan Perangkat Audio mp3Burung pleci merupakan burung yang cerdas, burung ini dapat menirukan suara burung lain dengan cepat apalagi jika pleci dari lolohan yang dipelihara dapat dipastikan suara burung master dapat ditirukan secara baik. Banyak cara untuk melakukan pemasteran pada burung pleci dada kuning diantaranya memakai perangkat audio dan memakai burung master asli. Jika menggunakan perangkat audio usahakan jangan terlalu banyak mengisi dengan suara burung master karena itu malah akan membuat pleci bingung dan sulit untuk menghafalkan suara masteran, usahakan hanya mengisi beberapa suara saja serta diberi jeda agar terdengar lebih natural. Jika mempunyai burung master asli hanya perlu mendekatkan saja agar burung pleci dapat menirukan suara burung master tersebut.

Berikut secara rinci cara pemasteran pleci yang benar.
  • Jika burung rawatan dari lolohan sangat mudah untuk memaster tentunya anakan pleci yang berjenis kelamin jantan, caranya dekatkan saja burung tersebut dengan burung masteran contohnya kenari, gelatik wingko, kolibri dll. maka burung pleci yang masih muda tersebut pasti akan dapat termaster dengan sempurna karena anakan pleci cenderung lebih gampang menirukan suara masteran.
  • Jika burung muda hutan / burung ombyokan yang ingin dimaster maka jenis pleci jantan yang harus dimaster karena hanya yang jantan yang dapat berkicau dengan variasi suara yang banyak. Baca dulu cara akurat membedakan kelamin pleci. Pleci jantan sudah pasti dapat mriwik suara macam-macam, nah pada saat mriwik tersebut dengarkan suara isian apa yang sering dinyanyikan oleh burung tersebut maka masterlah burung pleci tersebut dengan suara yang mirip agar menjadi isian tonjolannya saat berkicau.
  • Suara master yang kita rekomentasikan untuk burung Pleci adalah suara-suara master yang berkarakter roll tembak dengan variasi speed yang variatif dengan amplitudo intonasi panjang yang dinamis. Contoh suara master (burung master) yang direkomendasikan (sangat baik) untuk burung Pleci adalah: Semua jenis burung Kolibri, Burung Gelatik Wingko, Trecetan burung Gereja, Semua jenis burung Finch (Kenari , Goldfinch, Blackthroat, Herda Sanger, Mozambik, Siskin, dll).
  • Waktu pemasteran yang tepat, Pemasteran burung Pleci sama halnya dengan proses doktrin. Artinya semakin sering didengar maka akan direkam dan ditirukan. Idealnya pemasteran dilakukan minimal 4 jam setiap hari. Waktu yang tepat dan waktu efektif untuk pemasteran burung Pleci adalah malam hari sampai pagi hari. Pagi sampai sore juga baik asal suasana sekitar burung mendukung.
  • Perdengarkan kembali suara-suara master yang sudah pernah diperdengarkan kepada burung Pleci yang dimaster tersebut secara berkala. Tujuannya agar lagu burung Pleci tersebut tetap terjaga dan Auditory Memory burung semakin baik.
  • Gunakan krodong agar burung pleci yang dimaster dapat mendengarkan suara masteran dengan tenang.
Itulah cara pemasteran burung pleci yang baik dan tepat, jika suara dapat ditirukan dengan baik maka langkah selanjutnya membuat burung pleci ngerol suara masterannya tadi dengan cara melakukan Rawatan Harian Pleci Cepat Lasrol.